Forum Kalimantan Bangkit

Sederet Tokoh Deklarasi Forum Kalimantan Bangkit

Sejumlah tokoh dari perwakilan provinsi di seluruh Kalimantan berkumpul dan mendeklarasikan Forum Kalimantan Bangkit di Jakarta, Sabtu (20/5).

Featured-Image
Deklarasi Forum Kalimantan Bangkit di Jakarta, Sabtu (20/5). apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Sejumlah tokoh dari perwakilan provinsi di seluruh Kalimantan berkumpul dan mendeklarasikan Forum Kalimantan Bangkit di Jakarta, Sabtu (20/5).

"Di hari Kebangkitan Nasional ini kami perwakilan dari seluruh provinsi di Kalimantan, kita berjuang bersama untuk untuk memperoleh keadilan warga seluruh Kalimantan," ujar Penggagas Forum Kalimantan Bangkit Subhan Syarief saat deklarasi di Jakarta, Sabtu (20/5).

Baca Juga: Jokowi Tinjau Jalan Rusak di Lampung, Warga Kalimantan Titip Curhatan

Mereka melihat sejak Indonesia merdeka, warga Kalimantan tidak mendapatkan keadlian.

"Pada dasarnya kemerdekaan itu mendapatkan kesejahteraan dan kemakmuran, namun seiring berjalannya waktu sampai saat ini kita belum mendapatkan hal tersebut," ujarnya

Kalimantan memiliki sumber daya alam yang melimpah, dan memberikan sumbangsih besar kepada negara. Namun faktanya, banyak kerusakan lingkungan. Hutan tergerus oleh aktivitas tambang dan industri sawit. Selain itu, angka kemiskinan tinggi.

Baca Juga: Mengapa Jokowi Terus Abai Tragedi Km 171 Tanah Bumbu?

"Belum lagi sumber daya manusia yang kami jauh tertinggal dari daerah lain khususnya di daerah pulau Jawa, kemudian di sisi lain sumber daya alam yang kami miliki cukup besar," imbunya.

"Kami memberi sumbangsih besar ke negara tetapi tidak sebanding dengan perbaikan sosial dan ekonomi masyarakat," sambungnya.

Baca Juga: Solusi El Nino, Pakar IPB: Kalimantan Bisa jadi Penopang Pangan

Dengan dasar tersebut, para tokoh dari ragam provinsi di Borneo tersebut menginginkan kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan, seimbang dengan sumbangsih Pulau Kalimantan yang telah diberikan untuk negara.

Menjelang Pemilu 2024, misalnya, mereka menuntut proses demokrasi tersebut dilakukan secara jujur dan adil. Dan juga, meminta presiden untuk netral dan lebih mementingkan keadilan untuk seluruh warga negara Indonesia.

Baca Juga: Pemudik Kalimantan hingga Aceh Waspadai Hujan Lebat Masuki H-5 Lebaran

"Pemilu harus dengan cara yang adil karena adil dan jurdil itu adalah pintu masuk pertama kali untuk bisa mendapatkan keadilan, ujarnya yang tampak didampingi sejumlah tokoh seperti Uhaib hingga Anang Rosadi Adenansi.

"Sehingga dengan dasar itulah dan hari ini (20/5) adalah hari kebangkitan nasional, kemudian beberapa waktu lagi kita akan melaksanakan pemilu, maka kami perlu mengambil sikap, kami deklarasikan Forum Kebangkitan Kalimantan untuk mendapatkan keadilan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner