Jalan Rusak Kalimantan

Jokowi Tinjau Jalan Rusak di Lampung, Warga Kalimantan Titip Curhatan

Akun Instagram Presiden Joko Widodo (Jokowi) kebanjiran keluhan warga soal jalan rusak, seusai inspeksi mendadak (sidak) di Lampung, Jumat (5/4).

Featured-Image
Presiden Joko Widodo melakukan sidak jalan di Lampung bersama Menteri PUPR, Menteri Perdagangan dan Menteri BUMN. Foto: Setneg

bakabar.com, JAKARTA - Akun Instagram Presiden Joko Widodo (Jokowi) kebanjiran keluhan warga soal jalan rusak, seusai meninjau jalan rusak di Lampung, Jumat (5/4).

Presiden melakukan kunjungan ke Lampung dengan misi meninjau jalan rusak yang diviralkan TikToker bernama akun @awbimax alias Bima Yudho.

Selama melakukan peninjauan, Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Baca Juga: Jalan Longsor Tanah Bumbu, Erick Thohir: Akan Disampaikan ke Jokowi

Uniknya Jokowi sengaja mengubah rute dari demi memantau kondisi sebenarnya, bukan melewati jalan yang sudah dibenahi dadakan oleh Pemprov Lampung.

Seusai melakukan sidak itu, Presiden lantas mengunggah petualangan di jalanan rusak melalui Instagram pribadi.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Jalan Rusak di Lampung, tapi Lupa Km 171 Tanah Bumbu

"Pembangunan infrastruktur jalan itu penting untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang. Mobilitas yang lancar akan membantu menurunkan biaya logistik dan harga barang di pasar-pasar," demikian caption unggahan.

"Apabila jalan di daerah Anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Instagram ini," tutup keterangan unggahan tersebut.

Tak perlu menunggu waktu, unggahan tersebut menuai banjir respons dari warganet. Hingga pukul 15.00 Wita, Sabtu (6/5), unggahan ini mendapat like lebih dari 1 juta dan 86 ribu komentar.

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Berdasarkan penelusuran bakabar.com, komentar yang masuk tidak cuma warga Lampung. Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi pun tak bebas dari keluhan jalan rusak.

Juga terselip sejumlah curhat warga Kalimantan. Mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

Di antaranya akun @desy_budi_yul*** yang mengabarkan kondisi jalan poros Samarinda-Kutai Barat di Kalimantan Timur.

"Jalan poros Samarinda-Kubar Kaltim pak... Jalannya rusak parah klo sudah hujan auto bedzikir pak @jokowi," tulisnya.

Baca Juga: Wapres ke Kalsel Hari ini, tapi Tidak ke Km 171 Tanah Bumbu

"Balikpapan Timur pak jalanx byk rusak kecil macet padat... ayok pak jalan ke Manggar pak masa ada TOL tp akses mau ke tol macet parah yuk pak.. bismillah lolos," tambah akun @suambana***.

"Pakde @jokowi .. jalan Kaltim pakde.. jangankan jalan didalam2.. jalan trans ajaa aduhay menggemaskan... percayalah padaku pakde.. aku bocahmuuuuu tenan...," tulis akun @lucyana_can***.

Sedangkan akun @fqth1*** mengeluhkan kondisi jalan di Kotabaru, Kalimantan Selatan, tepatnya Kecamatan Sungai Durian.

"Pak di daerah Kalsel kabupaten Kotabaru kecamatan sungai durian coba dicek pak udh bertahun tahun agak memprihatinkan apalagi dari jalur kecamatan sungai durian menuju Kecamatan Bakau," beber @fqth1***.

Baca Juga: Jokowi Tiba di Kalsel, Gak ke Km 171 Pak?

"Pa punten tolong lah di kalimantan kasi kereta api, atau kereta cepat lainnya.. Kalimantan kan luas bapak pun tau.. dari satu provinsi ke provinsi lain ga bisa cepat . kapan kami punya kereta api," tambah akun @thisisis***.

Tidak ketinggalan warganet dari Kalimantan Tengah. Salah satu yang menonjol adalah curhatan kondisi jalan antarkabupaten.

"@jokowi Pak, tolong, semoga bisa segera tuntaskan proyek nasional jalan trans antar kabupaten di Kalimantan Tengah, khususnya di ruas jalan Kab Gunung Mas-Kab Murung Raya. Lalu, boleh dibikin jembatan Pak. Biar aksesnya gampang dan ga pake cara ekstrim lg buat nyebrang Sungai Barito," tulis akun @heppy.yuli***.

Baca Juga: 6 Bulan Tragedi Km 171, Jalan Baru Masih Samar

"Bismillah pak, Kalteng di bagian daerah Sebangau rusak puol, mobil pun ga nembus pak," timpal akun @l0uf***.

"Jalan di Lampung adalah contoh, masih banyak daerah lain yg juga lebih parah pakde... ayo sidak jalan2 di Kalimantan Tengah," tambah akun @endrisu***.

Tidak jauh berbeda dengan warganet di Kalimantan Barat. Beberapa di antaranya melaporkan kondisi jalan di Sintang dan Ketapang.

"@jokowi tinjau pak ke @kalbarprov ,jalan kecamatan2 nya banyak yang parah khusus Kabupaten SINTANG," tulis akun @fiodelis***.

"Kabupaten Sintang, Kalbar Pak Presiden masih banyak daerah belum ada Listrik dan Aspal, lebih parah dari Lampung," seru akun @leo_nardy_ch***.

"Ijin pak @jokowi mohon dibantu ruas jalan Pelang-Tumbang Titi di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Kondisinya lebih buruk daripada jalan di Lampung yang bapak lewati. Pembangunan infrastruktur jalan disini cenderung tidak signifikan, pak," beber akun bng.je***.

Editor


Komentar
Banner
Banner