Pemkab Balangan

Sasar Generasi Muda, KPP Pratama Tanjung Gelar Pajak Bertutur 2023 di SMPN 1 Paringin

KPP Pratama Tanjung dan Kantor Pelayanan Penyuluh dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Paringin menggelar Pajak Bertutur 2023 di SMPN 1 Paringin.

Featured-Image
Sosialisasi Pajak Bertutur Di SMPN 1 Paringin. Foto: Dok. KP2KP Paringin

bakabar.com, PARINGIN - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjung bersama Kantor Pelayanan Penyuluh dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Paringin menggelar Pajak Bertutur 2023 di SMP Negeri 1 Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Kamis (27/7/2023).

Pajak bertutur merupakan kegiatan sosialisasi tentang perpajakan sejak dini, yang diikuti puluhan pelajar SMPN 1 Paringin.

Kepala KP2KP Paringin, Yudi Setyo menjelaskan, pihaknya bersama dengan KPP Pratama Tanjung kembali menyelenggarakan program rutin tahunan, yaitu Pajak Bertutur.

"Alhamdulillah tanggal 27 Juli dilaksanakan pajak bertutur tahun 2023 serentak di seluruh Indonesia dengan tema Sadar Pajak, Peduli Pada Negeri," jelasnya, Jumat (28/7/2023).

Fikih Anisa Ramadhani, salah satu penyuluhan KPP Pratama Tanjung menerangkan tujuan pajak bertutur ialah sosialisasi kepada generasi muda untuk memberikan kesadaran sejak dini tentang perpajakan.

"Mereka suatu saat akan menjadi wajib pajak, bersentuhan dengan pajak. Maka diperlukan sosialisasi agar kesadaran pajak sejak dini itu terjadi," terangnya.

Berbicara soal pajak, lanjut Fikih, yaitu tentang kepedulian. Kepada orang-orang yang telah berpenghasilan, baik itu karyawan maupun pengusaha yang penghasilannya sudah melebihi penghasilan tidak kena pajak (PTKP).

"Maka ada kepedulian untuk menyisihkan sedikit penghasilannya kepada negara dalam bentuk pajak. Nanti akan digunakan untuk kemakmuran rakyat melalui mekanisme APBN. 82 persen pendapatan dalam APBN sudah ditopang dari pajak," ungkapnya.

Ia mengajak kepada masyarakat wajib pajak agar sadar dan taat pajak.

"Kepada seluruh warga untuk sadar pajak untuk taat pajak. Karena pajak dari kita ke kita," ajak Fikih

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Paringin, Anwar Padli menanggapi kegiatan pajak bertutur oleh KPP Pratama Tanjung. Menurutnya kegiatan ini berdampak positif bagi siswa di SMPN 1 Paringin dalam kesadaran sejak dini tentang perpajakan.

"Kegiatan ini sangat positif, karena memberikan penyuluhan kepada siswa-siswi kami dan guru-guru bagaimana kewajiban seorang warga negara untuk tahu kewajibannya, Salah satunya taat membayar pajak," pungkasnya 

Baginya, kegiatan ini juga suatu kegiatan mulia karena membiasakan siswa-siswi  untuk berbagi dan menumbuhkan sikap kepedulian. 

"Karena sesungguhnya bila kita membayar pajak, kita ada kepedulian kepada negara demi untuk pembangunan," bebernya.

Editor
Komentar
Banner
Banner