Lebaran Betawi 2023

Sandiaga Uno Sampaikan Pesan Jokowi saat Hadiri Lebaran Betawi

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri Lebaran Betawi 2023 untuk mewakili Presiden Jokowi memberikan sambutan di Monumen Nasional, Jakarta

Featured-Image
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Lebaran Betawi di Monumen Nasional, Jakarta. Foto: Istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri Lebaran Betawi 2023 untuk mewakili Presiden Jokowi memberikan sambutan di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (21/5).

Jokowi absen dalam gelaran Lebaran Betawi lantaran masih menghadiri KTT G7 di Hiroshima, Jepang.

"Saya ditugaskan Pak Presiden langsung untuk menghadiri acara ini, beliau menyampaikan pesan karena tidak bisa hadir di sini, karena masih di Hiroshima untuk KTT G7," kata Sandiaga, Minggu (21/5).

Baca Juga: Ribuan Warga DKI Kepung Monas Semarakkan Lebaran Betawi 2023

"Tapi, saya dipesani langsung sama beliau, tolong disapa masyarakat di sini untuk menunjukkan bahwa kita menjunjung tinggi ukhuwah islamiyah kita, ukhuwah wathoniah kita, ukhuwah insaniah kita," sambung Sandiaga.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyebut pelaksanaan Lebaran Betawi sempat terhenti lantaran pandemi covid-19. Bahkan semula digelar di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan.

"Nah sekarang balik ke pusat kota di Monas ada hiburan khas yang luar biasa," imbuh dia.

Baca Juga: Respons Sandiaga Soal Hasil Survei Berpasangan dengan Ganjar Paling Atas

Sementara, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut Lebaran Betawi masih memiliki keterkaitan dan tak lepas dari suasana perayaan Idulfitri 2023.

"Hari ini kami bersukacita dalam menyambut Lebaran Betawi, tradisi yang dilaksanakan sebagai bagian dari perayaan Idul Fitri sekaligus ajang perekat silaturahmi masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," jelas Heru.

Heru mengungkapkan, Lebaran Betawi tahun ini mengusung tema "Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju". 

Baca Juga: Pertahankan Budaya, Pemkot Depok Gelar Tradisi Lebaran Betawi

Lebaran Betawi telah digelar pada 20-21 Mei yang bertepatan di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Adapun gelaran kesenian yang dihadirkan dan kebudayaan khas Betawi yakni lenong, tanjidor, sorendo-rendo, gambang kromong, keroncong Jakarta, orkes Melayu, ondel-ondel, dan wayang kulit Betawi.

Editor


Komentar
Banner
Banner