KTT ASEAN

Sambut KTT ASEAN di Labuan Bajo, PLN NTT Sediakan 100 SPKLU

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur menyediakan sebanyak 100 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mendukung pelaksana

Featured-Image
Ilustrasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur menyediakan sebanyak 100 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mendukung pelaksanaan kegiatan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores.

General Manager PLN UIW NTT Fintje Lumembang menerangkan dari total 100 SPKLU yang disediakan difungsikan untuk melayani 275 unit kendaraan mobil listrik dan 105 unit motor listrik untuk patroli dan keamanan.

"Kendaraan listrik tersebut untuk mengangkut para delegasi untuk pengamanan dan kendaraan operasional," katanya seperti dilansir Antara, Minggu (12/3).

Baca Juga: Mudahkan Pengisian Daya EV, PLN Siap Bangun SPKLU dan Home Charging

Sejumlah persiapan instalasi infrastruktur yang akan disiapkan di antaranya SPKLU fast charging dan SPKLU slow charging.

Adapun SPKLU fast charging sebanyak 7 unit didatangkan dari unit luar NTT seperti dari Bali, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sedangkan sebanyak 100 SPKLU yang akan diinstalasi sudah tiba di Labuan Bajo dan sudah mendapatkan izin dari pemerintah daerah.

"Unit-unit SPKLU ini dipasang secara menyebar di lokasi parkir di Kantor Bupati Manggarai Barat maupun di Kampung Ujung yang dilengkapi dengan peralatan pendukung seperti UPS, unit gardu bergerak, genset, dan material pendukung lainnya," katanya.

Baca Juga: Dukung Kendaraan Listrik, DPR Minta Penambahan SPKLU untuk Pengisian Baterai

Tak hanya SPKLU, PLN juga mengerjakan sejumlah item kelistrikan seperti sistem transmisi, distribusi, dan keandalan pasokan listrik di semua venue KTT ASEAN. Termasuk juga melakukan percepatan penyediaan sarana komunikasi dan scada (supervisory control and data acquisition) serta penyaluran listrik ke kawasan Tanamori yang menjadi salah satu titik kegiatan.

"Kondisi infrastruktur kelistrikan untuk mendukung pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo sudah siap," katanya.

Editor


Komentar
Banner
Banner