Pemilu 2024

Sama-Sama Kunjungi Jember, Anies-Ganjar Adu Strategi Dekati Rakyat

Kedatangan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan ke Jember, punya strategi politik tersendiri. Demikian juga Ganjar Pranowo.

Featured-Image
Anies Baswedan ketika menemui simpatisan di sebuah kafe di Jl Danau Toba Jember, Sabtu (6/5). (apahabar.com/M Ulil Albab)

bakabar.com, JEMBER - Kedatangan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan ke Jember, punya strategi politik tersendiri dari partai) sebagai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai pengusungnya.

Anies menyebut, kedatangannya ke sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Jember, Jawa Timur merupakan amanah dari tiga partai pengusungnya yakni NasDem, PKS dan Demokrat.

Bahkan, dalam tiga kesempatan, di Bandara Notohadinegoro Jember, rumah pribadi Bupati Jember dan salah satu kafe di kawasan Jl Danau Toba, Anies dengan konsisten menjawab tujuan utamanya ke Jember.

"Kedatangan kami ke sini untuk menghadiri Haul Habib Soleh. Ini adalah perjalanan lintas wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur," kata Anies Baswedan kepada wartawan, Sabtu (6/5).

Baca Juga: Bantah Safari Politik saat Ramadhan, Anies: Itu Tirakat

Anies menyebut, kedatangan ke Jember merupakan rangkaian kunjungan ke sejumlah wilayah lain di Indonesia.

"Kami datang, dengar, menyerap aspirasi. Melihat perkembangan terkini di masyarakat. Sebagai bagian dari tanggung jawab," kata Anies.

"Tanggung jawab menjaga amanah dari partai Nasdem, Demokrat, PKS untuk mengikuti proses pencalonan," tambahnya.

Baca Juga: Reaksi Surya Paloh soal Survei Anies di Bawah Prabowo-Ganjar

Sepanjang perjalanannya berkeliling, khususnya di Jawa Timur, Anies menyebut ada sejumlah persoalan yang ia tangkap harus dituntaskan, yakni persoalan ketimpangan. ,

"Membereskan masalah ketimpangan, di dalamnya ada masalah kemiskinan, biaya hidup, lapangan kerja," ujarnya.

Dengan menyerap aspirasi masyarakat, mereka bisa menyusun berbagai kebijakan untuk menyelesaikan masalah di masyarakat dan memperbaiki ekonominya menjadi lebih baik.

"Jadi ini bukan hanya masalah kontestasi tapi juga memperbaiki kehidupan masyarakat yang lebih baik," tambahnya.

Baca Juga: Temui Relawan Jokowi, Gibran Ogah Dukung Anies Baswedan

Strategi berbeda sepertinya ditunjukkan Bacapres Ganjar Pranowo yang juga sampai di Jember malam ini. Ganjar sepertinya lebih memilih untuk bertemu masyarakat umum di acara Caar Free Day (CFD) di Alun alun Jember, pada besok Minggu (7/5).

Sesampai di Jember malam ini, Ganjar akan beristirahat di Hotel Aston. Pagi harinya, mulai pukul 06.00-08.00 WIB, ia akan olah raga di kegiatan Car Free Day (CFD) Alun alun Jember.

"Ganjar sosok muda, energik, kalau olahraga kan biasa. Senang olahraga," ujar Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu, DPC PDI Perjuangan Jember, Edi Cahyo Purnomo.

Baca Juga: Ganjar Safari Politik Perdana ke Surabaya, Konsolidasi hingga Napak Tilas

Selanjutnya, Ganjar akan bertemu dengan ribuan kader partai PDI Perjuangan di Gor PKPSO hingga sore hari dan akan kembali ke Surabaya pukul 16.00 WIB.

Edi menyebut, pihaknya juga akan mengundang PPP sebagai partai yang ikut mengusung Ganjar sebagai Capres.

Sementara itu, selain mengunjungi Haul Habib Soleh, Anies juga diagendakan menuju kediaman KH Achmad Muzakki Syah di Pondok Pesantren Al-qodiri malam ini.

Rencana awal, Anies Baswedan juga akan hadir ke acara CFD Alun alun Jember pada Minggu besok, bersamaan dengan Ganjar Pranowo. Namun, rencana tersebut sepertinya ditunda untuk kondusifitas.

"Kalau CFD sepertinya sudah dibatalkan, karena kita lebih konsentrasi undangan ke Habib Soleh," ujar Wakil Ketua Bidang Sayap dan Badan DPD Partai Nasdem Jember, David Handoko Seto.

Editor


Komentar
Banner
Banner