Politik

Sah! MK Setop Gugatan H. Rusli-Guru Fadhlan di Sengketa Pilbup Banjar

apahabar.com, BANJARMASIN – Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (RI) akhirnya menghentikan gugatan perkara pasangan calon bupati…

Featured-Image
Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Banjar Pilkada 2020, H Rusli – Guru Fadhlan. Foto-istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (RI) akhirnya menghentikan gugatan perkara pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Banjar nomor urut 3 H. Rusli-Guru Fadhlan.

Penghentian perkara tersebut disampaikan melalui sidang pembacaan putusan sela pada Selasa (16/2) siang.

Dalam persidangan, Mahkamah menyatakan seluruh dalil pemohon a qou tidak beralasan menurut hukum.

Di mana sebelumnya pemohon mendalilkan sejumlah dugaan kecurangan yang dilakukan pihak terkait, dalam hal ini paslon nomor urut 1 Saidi Mansyur-Habib Said Idrus di Pilbup Banjar 2020.

Pertama pemohon menuding adanya dugaan mobilisasi jajaran ASN yang bersikap tidak netral dengan mendukung pihak terkait sehingga merugikan perolehan suara pemohon.

Kedua adanya dugaan rekayasa penggelembungan suara dan partisipasi pemilih di 17 kecamatan yang dilakukan oleh termohon dan jajarannya.

Terakhir pemohon menuding adanya indikasi jumlah DPTb tidak wajar yakni sebanyak 5097 suara yang terkesan sangat manipulatif.

"Setelah mendegar keterangan termohon, pihak terkait, Bawaslu serta fakta hukum yang terungkap dalam persidangan, mahkamah memutuskan semua dalil-dalil pemohon a qou tak beralasan secara hukum," kata anggota Majelis Hakim Aswanto dalam putusan sela tersebut.

Selanjutnya selisih suara pemohon dan pihak terkait dinilai tidak memenuhi Pasal 158 UU Pilkada.

Dalam belied itu, selisih suara maksimal hanya 1 persen dari 291.140 suara sah di Pilbup Banjar atau sebanyak 2.911 suara.

Sementara selisih suara keduanya yakni 29.615 suara atau 10,17 persen. Dengan rincian pemohon memperoleh 112.004 suara, sedangkan pihak terkait 141.619 suara.

Sehingga, tidak ada relevansinya mahkamah melanjutkan perkara ini ke sidang pemeriksaan.



Komentar
Banner
Banner