Film Barbie

Ruth Handler, Sosok di Balik Boneka Barbie yang Terus Bertransformasi

Film Barbie live action masuk dalam blockbuster Hollywood. Dimulai dari boneka bermain, kini membawa nilai dan pesan pemberdayaan.

Featured-Image
Ruth Handler pencipta boneka barbie. Foto: Wikimedia Commons

bakabar.com, JAKARTA – Film Barbielive action masuk dalam blockbuster Hollywood. Dimulai dari boneka bermain, kini membawa nilai dan pesan pemberdayaan. 

Boneka Barbie diciptakan oleh Ruth Handler, seorang wirausaha Amerika Serikat, pendiri perusahaan mainan Mattel, Inc. Pada tahun 1959, Mattel memperkenalkan boneka Barbie ke pasar, dan sejak itu Barbie telah menjadi salah satu mainan paling ikonik dan populer di seluruh dunia.

Inspirasi untuk menciptakan Barbie datang dari pengamatan Ruth Handler tentang keinginan putrinya, Barbara, untuk bermain dengan boneka berbentuk perempuan dewasa. Pada saat itu, pasar boneka didominasi oleh boneka bayi atau boneka anak-anak.

Sejak saat itu, Ruth melihat peluang untuk menciptakan boneka yang mewakili perempuan dewasa, yang dapat menginspirasi anak-anak untuk membayangkan berbagai peran dalam masa depan mereka.

Baca Juga: Margot Robbie Hadiri Premier Barbie Movie Layaknya Barbie Sungguhan

Ruth Handler menamai Barbie terispirasi dari nama sang anak perempuannya Barbara. Foto: Chesnot/Getty Images
Ruth Handler menamai Barbie terispirasi dari nama sang anak perempuannya Barbara. Foto: Chesnot/Getty Images
Boneka Barbie pertama kali diluncurkan di New York Toy Fair pada tanggal 9 Maret 1959 dan langsung mendapat tanggapan meriah. Sejak hari itu, Barbie menjadi ikon baru untuk budaya dan simbol pemberdayaan perempuan di seluruh dunia. Sejak itu, banyak variasi dan tema Barbie yang berbeda-beda telah diciptakan. Termasuk berbagai profesi, gaya berpakaian, dan representasi keanekaragaman budaya.
Penampilan boneka Barbie didesain dengan tubuh tinggi dan ramping. Sejak awal peluncurannya, Barbie telah mengalami beberapa perubahan dalam tampilannya, termasuk jenis tubuh, gaya rambut, dan fitur wajah.

Kini Mattel berusaha membuat Barbie untuk mencerminkan keanekaragaman dengan menghadirkan berbagai variasi Barbie dengan bentuk tubuh, tekstur wajah hingga warna kulit yang beragam.

Barbie dengan warna kulit, bentuk badan dan fitur wajah yang beragam. Foto: womansenews
Barbie dengan warna kulit, bentuk badan dan fitur wajah yang beragam. Foto: womansenews

Selain itu, perkembangan karakter dan profesi Barbie juga dibuat menjadi lebih beragam. Mewakili berbagai karakter dan profesi dari dokter, perawat, pengacara, guru, atlet, insinyur, hingga putri dan pahlawan. Ini bertujuan untuk menginspirasi anak-anak untuk membayangkan berbagai pilihan karier di masa depan.

Barbie dengan berbagai macam profesi. Foto: dondino.uk
Barbie dengan berbagai macam profesi. Foto: dondino.uk


Suksesnya Barbie dalam dunia produksi boneka, merambah ke berbagai area. Karakter tersebut kemudian dibuat dalam beberapa film animasi dan film hidup. Karakter Barbie juga direpresentasikan dalam berbagai cerita, termasuk dongeng klasik dan cerita modern.

Barbie akhirnya hadir lebih dari sekadar mainan anak. Tapi kehadirannya membawa berbagai pesan dan nilai-nilai, termasuk pemberdayaan perempuan, inklusivitas, keberagaman, dan pentingnya mewujudkan impian dan aspirasi.

Baca Juga: Perjalanan Barbie si Boneka Wanita Dewasa hingga Tayang di Layar Kaca

Mattel berusaha menjangkau Barbie dari berbagai pelosok dunia. Tak lagi hanya menampilkan kecantikan dan tubuh langsing, Barbie hari ini juga bisa merepresentasikan sosok aktivis. Salah satunya adalah aktivis perempuan asal Indonesia, Butet Manurung. Butet menjadi salah satu tokoh yang terpilih sebagai 'Barbie Role Model'.  
Aktivis asal Indonesia Butet Manurung tepilih menjadi Barbie Role Model. Foto: goodnewsfromindonesia
Aktivis asal Indonesia Butet Manurung tepilih menjadi Barbie Role Model. Foto: goodnewsfromindonesia


Barbie telah menjadi salah satu mainan paling terkenal di dunia dan telah menginspirasi generasi anak-anak di berbagai belahan dunia untuk berimajinasi dan bermimpi tentang masa depan mereka. Seiring berjalannya waktu, Barbie terus berevolusi untuk mencerminkan perkembangan budaya dan memenuhi kepentingan anak-anak dalam era modern.

Perkembangan Barbie terlihat semakin besar lewat live action Barbie (2023) yang diperankan oleh Margot Robbie (Barbie) dan Ryan Gosling (Ken).

Meskipun Barbie telah menghadapi kritik terkait standar kecantikan yang tidak realistis dan gambar tubuh yang tidak realistis, boneka ini tetap menjadi salah satu ikon mainan terkenal di dunia dan terus bertransformasi untuk mencerminkan lebih banyak keanekaragaman dan penerimaan dalam representasi perempuan.

Barbie Movie (2023) diperankan oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling. Foto: thestreamable
Barbie Movie (2023) diperankan oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling. Foto: thestreamable


Editor


Komentar
Banner
Banner