Pemkab Balangan

RSUD Balangan Ultah ke-14, Bupati Abdul Hadi Sebut Pelayanan Kesehatan Meningkat

apahabar.com, PARINGIN - Bupati Balangan Abdul Hadi hadiri perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-14 RSUD Kabupaten Balangan, Selasa (14/2).

Featured-Image
Suasana perayaan HUT ke 14 RSUD Balangan. Foto-Humas Pemkab Balangan

bakabar.com, PARINGIN - Bupati Abdul Hadi menghadiri perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-14 RSUD Balangan, Selasa (14/2).

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Hadi menilai pelayanan di RSUD dan puskesmas di Kapuas sudah sudah sangat bagus. Itu dibuktikan dengan meningkatnya minat warga yang berobat di dua fasilitas kesehatan itu. 

"Alhamdulillah sebelumnya kebanyakan warga kita berobat ke luar Balangan. Saat ini minat warga berobat sudah tinggi untuk ke RSUD kita," ujar Abdul Hadi, di Paringin, Selasa (14/2).

Ia juga mengapresiasi sejumlah inovasi yang diluncurkan pada hari ulang tahun (HUT) ke-14 RSUD Balangan oleh Direktur RSUD Balangan drg. Sudirman. Di antaranya adalah Menyapa Ramah (Melayani Pasien Rawat Inap Pulang ke Rumah).

"Tentunya kami sangat mengapresiasi sejumlah inovasi yang diluncurkan oleh pihak rumah sakit ini, karena saya rasa sangat membantu mempermudah pelayanan kepada para pasien," katanya.

Baca Juga: Partai Ummat Dukung Anies Baswedan Nyapres di 2024

Direktur RSUD Balangan, drg. Sudirman, menuturkan pada HUT kali ini pihaknya meluncurkan sejumlah inovasi yaitu "Menyapa Ramah, Batakun Habar, Berjabat Tangan dan Si Dirman".

Inovasi pertama adalah Menyapa Ramah (Melayani Pasien Rawat Inap Pulang ke Rumah) yaitu pelayanan yang diberikan oleh RSUD Balangan kepada pasien rawat inap yang telah diperbolehkan pulang oleh dokter penanggung jawab pasien dengan diantar pulang ke rumah tanpa biaya.

Selanjutnya, inovasi Berjabat Tangan (Berjalan-jalan Pengantaran Obat ke Pelanggan) adalah pelayanan pengantaran obat pasien rawat jalan sampai rumah dengan kriteria pasien poli penyakit dalam, pasien syaraf, lansia lebih dari 60 tahun, pasien kronis lebih dari dua kunjungan dan disabilitas.

Kemudian, inovasi Batakun Habar adalah kegiatan pelayanan dalam hal komunikasi dan konsultasi pada pasien setelah mendapatkan pelayanan rawat inap di RSUD Balangan dengan tujuan dapat memantau kondisi pasien, mengingatkan jadwal kontrol, dan memberikan edukasi pada pasien atau keluarga terkait kedisiplinan terapi obat.

Terakhir, Si Dirman, yaitu sistem informasi dan registrasi mandiri dengan langsung melakukan scan barcode melalui smartphone khusus untuk pasien umum saat ingin melakukan pendaftaran pelayanan.

"Selain empat inovasi tersebut, kami juga melaunching lagu Mars RSUD Balangan yang selama ini belum ada dan Masterplan pembangunan RSUD Balangan ke depan," terangnya.

Baca Juga: Kirab Pemilu 2024 di Kalsel: Satu Tahun Jelang Pemungutan Suara

Terakhir, dengan dilaunchingnya masterplan dan empat inovasi tersebut dia berharap dapat menjadi titik kuat bersama-sama untuk rumah sakit dan pemda dalam bisa mewujudkan rumah sakit yang hebat di masa depan.

Editor
Komentar
Banner
Banner