Sepak Bola Internasional

Roberto Martinez Jadi Pelatih Baru Portugal

Mantan pelatih tim nasional Belgia dan klub Liga Inggris Everton, Roberto Martinez ditunjuk sebagai pelatih untuk tim nasional Portugal.

Featured-Image
Roberto Martinez resmi menjadi pelatih baru tim nasional Portugal menggantikan Fernando Santos. (Foto: Twitter @selecaoportugal)

bakabar.com, JAKARTA - Mantan pelatih tim nasional Belgia dan klub Liga Inggris Everton, Roberto Martinez ditunjuk sebagai pelatih untuk tim nasional Portugal.

Pria kelahiran Spanyol 49 tahun lalu itu menggantikan Fernando Santos, yang mengundurkan diri setelah Portugal kalah oleh Maroko di partai perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Sementara itu Martinez juga menyatakan pengunduran dirinya dari enam tahun kursi kepelatihan Belgia, setelah gagal membawa anak asuhnya lolos dari babak penyisihan Piala Dunia 2022.

“Saya sangat senang bisa mewakili salah satu tim nasional dengan talenta terbaik di dunia,” kata Martinez dikutip dari bbc.

Baca Juga: Timnas Gagal Lagi di Piala AFF, Jordi Amat: Kami Akan Kembali

“Saya sangat senang berada di sini. Sejak pertama kali saya berbicara dengan presiden federasi, saya tahu ini adalah proyek olahraga yang akan bergairah untuk saya. Titik keberangkatan saya adalah skuat yang terdiri dari 26 pemain yang terakhir bermain di Piala Dunia, dan Cristiano Ronaldo adalah salah satunya,” tambah Martinez.

Roberto Martinez sempat melatih klub Liga Inggris, Wigan Athletic selama empat tahun dan menjadi juara Piala FA di tahun 2013, sebelum pindah untuk melatih Everton dengan durasi tiga tahun.

Ia kemudian ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Belgia pada 2016 dan membawa negara tersebut menduduki peringkat pertama FIFA, seteleh mejadi juara ketiga di Piala Dunia 2018 Rusia.

Baca Juga: Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022, STY: Saya Minta Maaf

Sementara itu Portugal bersama Fernando Santos yang menghabiskan delapan tahun masa melatihnya, berhasil membawa Portugal juara Piala Euro 2016 dan Nations League 2018-2019.

Namun hasil buruk Santos terjadi di Piala Dunia 2022 dimana hanya berhasil menang satu kali dari dua pertandingan babak penyisihan, dan akhirnya gagal di perempat final.

Editor
Komentar
Banner
Banner