Religi

Ribuan Jamaah Hadiri Peringatan Haul Guru Cantung ke 16

apahabar.com, KOTABARU – Haul KH Muhammad Dachlan bin Achmad Abbas (Guru Cantung) yang ke 16 digelar…

Featured-Image
KH Muhammad Dachlan bin Achmad Abbas (Guru Cantung) bersama KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani. Foto-Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Haul KH Muhammad Dachlan bin Achmad Abbas (Guru Cantung) yang ke 16 digelar Sabtu (23/11) malam. Ribuan jemaah dari berbagai penjuru daerah memadati kubah ulama tersebut di kawasan Desa Sungai Kupang, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru.

Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar dan jajarannya berkesempatan hadir dalam peringatan haul ulama ternama tersebut.

Sejak peringatan haul dimulai, jemaah tampak khusyuk mengikuti rangkaian kegiatan haul. Mulai dari pembacaan Maulid Al Habsyi, kalam ilahi, pembacaan surah yasin, doa haul, dan diakhiri dengan shalat isya berjemaah.

Diketahui,KH Muhammad Dachlan bin Achmad Abbas (Guru Cantung) lahir di Kota Raden Amuntai, pada 14 Agustus 1932.

Guru Cantung pernah nyantri di Ponpes Darussalam Martapura. Beliau merupakan muriddari Syekh Seman Mulia atau Paman dari Guru Sekumpul, KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani.

Konon, atas perintah Guru Seman Mulia-lah, Guru Cantung beruzlah ke satu bukit (Pegunungan) di kawasan Cantung.Hingga kemudian masyarakat menyebutnya dengan julukan Guru Cantung, yakni ulama yang berada di Cantung, desa Sungai Kupang.

Guru Cantung wafat pada 15 Mei 2004 bertepatan dengan 12 Rabiul Awwal 1425 H dan dimakamkan di Desa Sungai Kupang atau Cantung, Kecamatan Kelumpang Hulu.

Baca Juga: Haul Guru Sekumpul ke 15 Akan Digelar Layaknya di Makkah

Reporter: Ahc20.
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner