Hot Borneo

Resmi, 131 Panwaslu Kelurahan dan Desa di Tabalong Dilantik

Sebanyak 131 Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan-Desa di Kabupaten Tabalong dilantik dan diambil sumpahnya untuk Pemilu tahun 2024,Senin (6/2)

Featured-Image
Anggota Panwaslu kelurahan-desa se-Tabalong saat dilantik dan diambil sumpahnya. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Sebanyak 131 Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan dan Desa di Tabalong dilantik dan diambil sumpahnya di gedung Pusat Informasi Pembangunan, Tanjung, Senin (6/2). 

Pelantikan yang dilakukan oleh Ketua Panswaslu Kecamatan Tanjung, Ihsanul Hakim, disaksikan komisioner Bawaslu Tabalong, perwakilan Forkopimda, camat, Kapolsek, Danramil dan undangan lainnya.

Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan, mengatakan dengan dilantiknya para anggota Panwaslu Kelurahan-Desa, maka mulai saat ini beban tahapan pemilihan di desa menjadi tanggung jawab mereka.

"Untuk itu jaga kepercayaan dan amanah yang diberikan karena kalian merupakan salah satu orang terbaik di desa yang terpilih menyisihkan peserta lainnya," ucapnya.

Baca Juga: Baru Dilantik, Puluhan Pengawas di Banjarmasin Langsung Kerja untuk Pemilu 2024

Hirsan mengingatkan tantangan pada Pemilu 2024 tidak sama dengan tahun 2019. "Tentu saya percaya, kalian bisa menjalankan tugas dengan baik. Untuk itu jaga tingkah laku dan jalin komunikasi dengan stekhoder sesama penyelenggara Pemilu," pesannya.

Setelah pelantikan ini dia meminta anggota Panwaslu untuk menjaga jarak dengan politisi dan simpatisan politik. 

"Dulu kita berteman dengan orang parpol dan sering ngobrol, tapi sekarang kita menjaga jarak dulu. Itu bukan berarti kita sombong, melainkan untuk memaknai tugas kita sebagai pengawas Pemilu," terangnya.

Baca Juga: KPU Kalsel Verfak Dukungan Perorangan Calon DPD RI

Hirsan juga meminta kepada para anggota Panwaslu kelurahan-desa agar berani melaporkan pelanggaran-pelanggaran Pemilu seperti politik uang.

"Jadi tunjukan kalau kalian adalah pengawas Pemilu. Sepanjang kalian bertindak sesuai peraturan kami akan selalu melindungi dan membela kalian," tegasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner