Sport

Rencana La Nyalla Jika Terpilih Jadi Ketum PSSI: Pisahkan Operator Liga 1 dan Liga 2

Calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan jika terpilih sebagai ketum dirinya akan memisahkan operator kompetisi Liga 1 da

Featured-Image
La Nyalla Mahmud Mattalitti. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan jika terpilih sebagai ketum dirinya akan memisahkan operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Hal tersebut disampikan oleh La Nyalla dalam acara pemaparan visi dan misi dirinya sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (7/2).

"Begitu pula dengan kompetisi liga, dimana saya menyampaikan gagasan untuk memisahkan operator Liga 1 dan Liga 2," ujar La Nyalla.

"Itu bagian dari peningkatan kualitas kompetisi dan penguatan kapasitas klub Liga 2 dari aspek teknis serta bisnis," sambungnya.

Baca Juga: Mencalonkan Diri Jadi Ketum PSSI, Sepak Terjang Erick Thohir Bukan Kaleng-kaleng!

Lebih lanjut, bagi La Nyalla, pemisahan operator kompetisi tersebut merupakan bagian dari tujuh langkah pengembang sepak bola nasional yang digagasnya dalam mencalonkan diri sebagai PSSI-1.

Tujuh langkah yang ia gagas meliputi Technical Development (pengembangan teknik), Club Empowerment (penguatan klub), Professional League (liga profesional), National Team (tim nasional), Business Development (pengembangan bisnis), Financial Stability (stabilitas finansial), dan Football Industry (industri sepak bola).

Disamping itu, pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD RI ingin kompetisi Liga 2 berjalan dengan mengedepankan regulasi yang komprehensif.

Selain itu, mantan Ketua Umum PSSI periode 2015-2016 itu juga berjanji akan menjalankan kembali kompetisi Liga 3 Indonesia dengan kualitas tinggi serta sesuai dengan format sebanarnya yakni 10, 30.

Baca Juga: Bos Barito Putera Hasnuryadi Masuk Bursa Calon Waketum PSSI

"Artinya, kompetisi Liga 3 harus dilaksanakan dalam waktu 10 bulan, dan setiap klub harus bertandingan secara kompetitif sebanyak 30 kali dalam satu musim kompetisi," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 dan Liga 2 dijalankan oleh operator yang berwenang yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Kendati demikian, wacana untuk membentuk operator baru bagi Liga 2 usah dipisahkan dari Liga 1 memang sudah ada, namun sampai saat ini hal tersebut belum dapat diwujudkan oleh LIB.

Sekadar informasi, La Nyalla Mattalitti merupakan salah satu calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Selain dirinya, terdapat empat kandidat lainnya yakni Arif Putra wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir, dan Fary Djemie Francis yang akan merebutkan kursi PSSI-1.

Nantinya, para calon Ketum PSSI periode 2023-2027 itu akan dipilih oleh para voters yang akan dilaksanakan pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023 mendatang.

Baca Juga: Bambang Pamungkas Juga Masuk Bursa Calon Waketum PSSI

Editor


Komentar
Banner
Banner