Nasional

Ratusan WBP Rutan Tanjung Tabalong Jalani Skrining TBC dan Chest X-Ray

Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Tanjung, Tabalong, menjalani skrining Tuberkulosis (TBC) dan intervensi skrining Chest X-Ray.

Featured-Image
WBP di Rutan Tanjung saat menjalani skrining penyakit TBC. Foto-Humas Rutan Tanjung

bakabar.com, TANJUNG - Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Tanjung, Tabalong, menjalani skrining Tuberkulosis (TBC) dan intervensi skrining Chest X-Ray.

Kegiatan tersebut untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif di dalam Rutan Tanjung, Senin (20/11).

Kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Puskesmas Hikun, dan Klinik Tirta Medical Center (TMC). 

"Jadi tim medis memastikan setiap individu menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, seperti rontgen dada," kata Kepala Rutan Tanjung, Boy Irfan Arslan.

Boy bilang ada 202 tahanan dan WBP yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Kami berharap tidak ada tahanan maupun narapidana yang terserang penyakit tersebut," ucapnya.

Boy berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk meningkatkan pemantauan kesehatan di antara WBP, termasuk tindaklanjut pengobatan apabila didapati warga binaan yang mengalami positif TBC.

"Kami berkomitmen untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan setiap WBP di Rutan Tanjung,"ucapnya.

Menurut Boy, dengan melibatkan berbagai pihak, kegiatan skrining ini bukan hanya sebagai langkah preventif, tetapi juga sebagai bentuk kerjasama antar instansi dalam menjaga kesehatan masyarakat khususnya di lingkungan lapas atau rutan.

"Skrining TBC dan Chest X-Ray menjadi bagian integral dari upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal di lingkungan pemasyarakatan," pungkas Boy.

Editor
Komentar
Banner
Banner