Pemkab Tabalong

Raih Adipura 2022, Bupati Tabalong Harapkan  Kesadaran Masyarakat Meningkat

Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali meraih Piala Adipura di tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk kategori kota kecil.

Featured-Image
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menerima piala Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. Foto - Prokopim Setda Tabalong

bakabar.com, TANJUNG - Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali meraih Piala Adipura pada 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI untuk kategori kota kecil.

Piala diterima langsung Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dari Menteri LHK Siti Nurbaya, di gedung Graha Manggalabakti Kantor KLHK RI, Selasa (28/2).

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan, Adipura tidak hanya sebuah supremasi atas keberhasilan menjaga kebersihan dan keindahan kota Tanjung, melainkan sebuah ikhtiar untuk meningkatkan peradaban masyarakat Tabalong sebagai daerah penyangga Ibukota Negara Nusantara (IKN).

"Dengan diraihnya Adipura 2022 diharapkan dapat lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan," katanya, Rabu (1/3).

Bupati Anang bilang keberhasilan meraih Piala Adipura tahun 2022 merupakan kerja keras yang panjang semua instansi terkait termasuk petugas lapangan serta partisipasi dukungan masyarakat.

"Setelah 4 kali mendapat piala Adipura, saya optimis untuk mendapatkan Anugerah Adipura Kencana atau penghargaan di bidang kebersihan dan keindahan kota yang paripurna," ucapnya.

Bupati Anang meminta Kepala Dinas Lingkungan Hidup beserta jajarannya untuk menciptakan inovasi dan terobosan.

"Inovasi dan terobosan agar dapat  terus mengurangi timbunan sampah rumah tangga serta menjadikan sampah menjadi lebih bernilai ekonomis," pungkasnya.

Penilaian Adipura tahun ini dilaksanakan terhadap 258 kabupaten/kota atau 50,2 persen dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Penilaian Adipura juga dijalankan dengan mengedepankan kaidah good governance, yakni proses monitoring dan evaluasi secara obyektif sesuai dengan peraturan serta kebijakan yang berlaku.

Editor
Komentar
Banner
Banner