Pergantian Panglima TNI

Puan: KSAD Jenderal Agus Subiyanto Diusulkan jadi Panglima TNI

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengaku telah menerima usulan Presiden Jokowi menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Agus Subiyanto jadi Panglima TNI

Featured-Image
Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto membacakan sumpah saat dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara. Foto:antara

bakabar.com, JAKARTA - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengaku telah menerima usulan Presiden Jokowi menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

Usulan telah dituangkan dalam surat presiden (surpres) untuk dibahas dan disetujui DPR RI.

"Saya akan mengumumkan calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," kata Puan di Jakarta, Selasa (31/10).

Baca Juga: DPR Kantongi Nama Calon Panglima TNI Pengganti Yudo Margono

Jenderal Agus Subiyanto diusulkan sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

Sesuai aturan undang-undang, menurut Puan, presiden harus menyampaikan usulan nama Panglima TNI baru kepada DPR.

"Bahwa Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono akan memasuki masa pensiun yang sesuai dengan aturannya, yaitu pada tanggal 26 November, sesuai hari kelahiran beliau," jelas mantan Menko PMK itu.

Baca Juga: Soal Pengganti Panglima TNI Yudo Margono, Jokowi: Masih Proses

Merujuk Undang-Undang TNI, presiden harus mengusulkan calon pengganti Panglima TNI kepada DPR di luar masa reses, kurang lebih mekanisme itu adalah 20 hari sejak surpres tersebut diterima oleh pimpinan DPR.

Ia menerangkan DPR akan segera menindaklanjuti usul pergantian Panglima TNI tersebut. Puan mengatakan, DPR akan memprosesnya sesuai dengan mekanisme yang ada yaitu melalui tahapan fit and proper test kepada Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

"DPR akan memulai proses mekanisme di DPR untuk bisa menindaklanjuti surat usulan pengganti calon panglima tersebut, sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada di DPR," jelasnya.

Baca Juga: Viral Piting Warga Rempang, Panglima TNI Bandingkan Permainan Bocil

Puan berharap mekanisme pergantian Panglima TNI dapat berjalan dengan lancar dan baik. Sehingga Panglima TNI yang akan datang bisa berjalan baik dan tidak akan ada kekosongan Panglima TNI yang akan datang.

Seperti diketahui, Jenderal Agus Subiyanto baru saja dilantik sebagai Kasad yang baru pada Rabu (25/10). Ia dipilih sebagai Kasad untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

Editor


Komentar
Banner
Banner