Laporan Kinerja BUMN

PTPN V Bukukan Pendapatan Rp8,46 Triliun, Pecahkan Rekor Tertinggi

PTPN V mengungkapkan berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp8,46 triliun pada 2022. Jumlah tersebut menjadi rekor tertinggi perseroan.

Featured-Image
Ilustrasi buah kelapa sawit yang dicuri sekomplotan di lahan inti PT Agri Bumi Sentosa. Foto: Kompas

bakabar.com, JAKARTA – PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp8,46 triliun pada 2022. Jumlah tersebut menjadi rekor tertinggi perseroan.

Sebelumnya perusahaan telah meraih laba pertama di atas satu triliun pada 2021. Pendapatan perusahaan pada periode tersebut sebesar Rp1,3 triliun. Pencapian terset, mengingat situasi ekonomi yang tidak menentu akibat pandemi COVID-19 pada 2021.

Baca Juga: Klarifikasi Bank Mandiri Soal Deposit Box Rp37 Miliar Milik Rafael Alun

CEO PTPN V Jatmiko K Santosa mengungkapkan pencapaian tahun 2022 telah melampaui rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) sebesar 116,89 persen. Kemudian pada sisi aset terjadi pertumbuhan mencapai Rp12,26 triliun atau 111,67 persen dari RKAP yang ditetapkan.

Kinerja keuangan gemilang sepanjang 2022 menjadi kado terindah PT Perkebunan Nusantara V berusia 27 tahun dengan mencatat peningkatan kinerja secara mencapai Rp1,52 triliun sepanjang tahun lalu.

“Alhamdulillah, kinerja keuangan yang membanggakan ini adalah kado indah bagi perusahaan," ujarnya seperti dikutip Antara, Minggu (12/3).

Baca Juga: Laba Bersih Tambang Milik Low Tuck Kwong Melesat 79,7 Persen

Pertumbuhan pendapatan perseroan ditopang dengan adanya peningkatan kinerja operasional. Mulai daripeningkatan hasil produksi tandan buah segar (TBS) yang mencapai 2,65 juta ton.

Kemudian, produksi crude palm oil atau CPO 578,000 ton dengan produktivitas CPO 5,6 ton per hektare, sampai dengan produktivitas TBS sebesar 24,05 ton per hektare.

Jatmiko menjelaskan catatan positif itu menjadikan anak perusahaan holding Perkebunan Nusantara III Persero memecahkan tiga kali rekor kinerja finansial.

Baca Juga: Bank Allo Bukukan Laba Bersih 2022 Sebesar Rp270,02 Milliar

Sebelumnya, perusahaan telah membukukan laba bersih tertinggi sepanjang 3 tahun terakhir. Diawali tahun 2020 sebesar Rp417 miliar atau melonjak 620 persen dibandingkan tahun 2019 yang hanya sebesar Rp67,2 miliar.

Kinerja finansial tersebut mengantarkan perusahaan meraih pendapatan tertinggi sepanjang sejarah untuk pertama kalinya pada tahun itu. Jatmiko mengucapkan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam percapaian perseroan pada tahun buku 2022.

"Dalam kesempatan yang baik ini. Saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh saudara-saudara yang tanpa lelah mengawal dan menjalankan transformasi ini dengan sangat baik,” jelasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner