Stadion Di Indoesia

PT LIB: 16 Stadion di Indonesia Layak Gelar Liga 1

PT LIB sampaikan terdapat 16 stadion di Indonesia yang layak menggelar kompetisi sepak bola tanah air seperti Liga 1 dan Liga 2 yang sebelumnya dihentikan.

Featured-Image
Komisaris Utama PT LIB, Juni Ardianto Rahman ungkap 16 stadion di Indonesia layak gelar Liga 1 (Foto: apahabar.com/ Farhan)

bakabar.com, JAKARTA – PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menyatakan terdapat 16 Stadion di Indonesia yang layak gelar Liga 1 setelah dilakukan verifikasi Stadion setelah terjadi Tragedi Kanjuruhan.

Komisaris PT LIB, Juni Ardianto Rahman menyampaikan terdapat sebanyak 16 Stadion di Tanah Air yang bisa menggelar kompetisi Liga 1.

“Kurang lebih 16 stadion, termasuk JIS dan Indomilk Arena juga Stadion Utama Riau,” kata Juni, dikutip dari Antara, Rabu (16/11).

Lebih lanjut ia menjelaskan dari 16 stadion yang telah lolos verifikasi memiliki fasilitas yang sesuai dengan standar.

Baca Juga: Jadi Bos PT LIB, Ferry Paulus Tinggalkan Jabatan di Persija

Namun, ia menambahkan hanya saja dari beberapa stadion-stadion yang layak tersebut masih jarang digunakan untuk pertandingan seperti halnya dengan JIS (Jakarta International Stadium).

Selain JIS dan Indomilk Arena, Juni menambahkan kalau Stadion Utama Riau juga layak digelar Liga 1. Stadion tersebut juga pernah menggelar kualifikasi Piala Asia U-22.

“Lalu untuk Stadion Utama Riau, di sana pernah digelar Kualifikasi Piala Asia U-22 tahun 2013. Sudah digunakan juga oleh PSPS di Liga 2,” tambahnya.

Lebih lanjut, dari nama-nama Stadion yang ia sebutkan, PT LIB juga menambahkan enam stadion yang dijadikan venue Piala Dunia U-20 2022 juga layak menggelar kompetisi Liga 1.

Baca Juga: Direktur Persija Gantikan Posisi Akhmad Hadian Lukita

Keenam Stadion tersebut diantaranya yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Kemudian ada pula Stadion Batakan (Balikpapan) dan Stadion Jatidiri (Semarang) yang lolos verifikasi PT LIB.

Disamping itu, Juni mengatakan keberadaan stadion-stadion tersebut cukup untuk menggelar lanjutan Liga 1 musim 2022-2023 dengan format normal yakni kandang-tandang.

“Kalau memang home and away, pasti nanti akan ada verifikasi stadion lainnya,” pungkasnya.

Meski demikian, PT LIB juga belum dapat memastikan kapan Liga 1 Indonesia akan kembali bergulir dan bagaimana format pelaksanaan selanjutnya.

Baca Juga: Iwan Bule Minta Maaf Tidak Menghadiri Peringatan 40 hari Tragedi Kanjuruhan

PT LIB menegaskan, bergulirnya kembali kompetisi sepak bola tanah air bergantung pada izin pemerintah.

Untuk diketahui, kompetisi Liga 1 di Indonesia musim 2022-2023 ini sedang dihentikan sementara setelah terjadinya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang ketika pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya awal Oktober lalu.

Editor


Komentar
Banner
Banner