Sepak bola nasional

PSSI Didesak Berikan Target, Kontrak Shin Tae-yong Lanjut atau Tidak!

Kontrak Shin Tae-yong (STY) akan segera habis bulan Juni 2024, sehingga PSSI harus mengambil keputusan cepat perihal masa depan juru taktik Skuad Garuda. 

Featured-Image
Shin Tae-yong saat menghadiri konferensi pers jelang menghadapi laga melawan Filipina (Sumber: Dok. PSSI)

bakabar.com, JAKARTA - Kontrak Shin Tae-yong (STY) akan segera habis Juni 2024 mendatang.

PSSI harus mengambil keputusan cepat perihal masa depan juru taktik timnas Indonesia tersebut. 

Shin Tae-yong sendiri menunggangi skuat Garuda sejak 2020. Pelatih asal Korea Selatan itu telah membantu timnas Indonesia mengalami peningkatan dalam sisi gaya bermain dan catatan sejarah. 

Akan tetapi, hingga saat ini Shin Tae-yong belum memberikan satupun trofi untuk Indonesia. Hal tersebut perlu diperhitungkan, mengingat jangka waktu telah diberikan oleh PSSI sudah cukup terbilang lama.

Baca Juga: Timnas Indonesia Imbang Lawan Filipina, Shin Tae-yong Salahkan Rumput

Pengamat sepak bola, Ophan Lamara berpendapat bahwa PSSI harus memberikan target kepada Shin Tae-yong sebagai indikator mengenai haruskah kontrak kerja Shin Tae-yong di perpanjangan atau tidak kedepannya. 

"Hal yang perlu di perhatikan atau di desak yaitu kepada PSSI untuk memberikan target kepada Shin Tae-yong, maka apabila target tidak tercapai ia harus out," tegas Ophan Lamara kepada bakabar.com, Senin (11/12). 

Selain itu, Ophan Lamara berpendapat hasil fase Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi penentu kontrak STY diperpanjang atau tidak. 

Beberapa diantaranya seperti jangka waktu yang sudah didapat Shin Tae-yong sebagai pelatih, serta memberikan wewenang menunjuk pemain naturalisasi yang diinginkan masuk ke timnas Indonesia. 

Baca Juga: Dihajar Irak 1-5, Shin Tae-yong Janjikan Indonesia Bangkit di Manila

"Satu ia sudah empat tahun membina timnas Indonesia, kedua dirinya sudah diberikan keleluasaan menunjuk pemain naturalisasi untuk Indonesia," kata Ophan Lamara. 

Terakhir pria asal Makassar tersebut juga menyimpulkan Shin Tae-yong seharusnya sudah menemukan akar permasalahan yang ada pada timnas Indonesia dan menemukan solusinya. 

"Seharusnya beliau sudah mengenal akar permasalahan Timnas Indonesia dan menemui solusinya dengan jangka waktu tersebut," tambah Ophan Lamara. 

Terlepas dari permasalahan tersebut Shin Tae-yong juga mengukir sejarah seperti pertama kalinya mencatatkan nama Indonesia U-23 ke Piala Asia 2023 di Qatar. 

Baca Juga: Murka, Shin Tae-Yong Tegaskan Pentingnya Disiplin Waktu!

Kedua, STY juga membawa timnas U-20 Indonesia mendapatkan tiket ke Piala Asia U-20 2023 dan terakhir dirinya membawa Skuad Garuda ke Piala Asia 2023.

Sehingga PSSI harus mengambil langkah cepat untuk timnas Indonesia kedepannya, mengingat beberapa sisi harus diperhitungkan guna masa depan skuat Garuda lebih baik.

Editor
Komentar
Banner
Banner