Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Imbang Lawan Filipina, Shin Tae-yong Salahkan Rumput

Juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) bahwa rumput Stadion Rizal Manila merupakan salah satu faktor Skuat Garuda tidak tampil optimal melawan Filipi

Featured-Image
Pemain timnas Indonesia, Saddil Ramdani (kiri) saat bertanding menghadapi Filipina pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (21/11). Foto: PSSI

bakabar.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) menilai kualitas rumput Stadion Rizal Memorial Manila sangat buruk.

Hal itu yang menjadi salah satu faktor skuat Garuda tampil tidak optimal melawan Filipina pada laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (21/11) malam.

Shin Tae-yong juga tidak memungkiri rumput sintetis masuk dalam standar FIFA. Dan ia pun menghormati hal tersebut. 

Baca Juga: Bermain Jelek! Indonesia Beruntung Imbang 1-1 dari Filipina

Akan tetapi menurut Shin Tae-yong kualitas rumput sintetis di Stadion Rizal Manila cukup buruk. 

"Lapangan sintetis ini memang sudah masuk standar FIFA, jadi kita harus menghormati dimana kami bermain, pada pertandingan selanjutnya jika kami bermain di lapangan sintetis saya berharap bisa bermain di lapangan yang lebih bagus," ungkap Shin Tae-yong. 

Akibat kualitas rumput sintetis yang kurang baik membuat Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sulit beradaptasi dalam permainan. 

Selain itu, masalah fisik kebugaran setelah menempuh perjalanan jauh menghadapi Irak juga menjadi salah satu faktor penyebab Indonesia tampil kurang optimal.

Baca Juga: Filipina vs Indonesia: Garuda Tertinggal 0-1 di Babak Pertama

"Dalam pertandingan ini kami mengalami banyak kesulitan, kami melalui perjalanan jauh, perbedaan waktu dan disini juga menggunakan lapangan sintetis yang tidak familiar bagi kami," imbuh Shin Tae-yong. 

Hasil imbang ini dinilai cukup adil bagi Shin Tae-yong mengingat beberapa kesulitan dihadapi saat melawan Filipina, salah satunya faktor lapangan sintetis. 

Meski begitu, Shin Tae-yong masih optimistis membawa Indonesia lebih baik kedepannya. 

Mengingat ada tiga partai kandang yang akan menanti Timnas Indonesia kedepannya di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Susunan Pemain Filipina vs Indonesia: Struick dan Ernando Turun Starter

"Ya, kami punya satu poin dari dua laga away. Tapi kami punya tiga laga kandang. Kami sangat kuat ketika bermain di kandang sendiri. Saya tetap menyimpan keyakinan dan berpikiran positif bisa lolos dari grup,” ucap Shin Tae-yong.

Saat ini Indonesia masih menempati posisi terakhir grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan mengumpulkan 1 poin dari 2 pertandingan. Torehan poinnya sama seperti yang diraih Filipina, namun skuat Garuda kalah selisih gol.

Editor
Komentar
Banner
Banner