SEA Games 2023

Program Kepelatihan Usia Dini Jadi Kunci Kesuksesan Timnas Indonesia U-22

Kesuksesan Timnas Indonesia dalam meraih title juara di SEA Games 2023 merupakan hasil dari banyaknya kompetisi usia dini dan program kepelatihan.

Featured-Image
Pengamat Sepakbola, Weshley Hutagalung (Bung Wes). Foto: Dok Bung Wes

bakabar.com, JAKARTA - Kesuksesan Timnas Indonesia dalam meraih title juara di SEA Games 2023 merupakan hasil dari banyaknya kompetisi usia dini dan program kepelatihan yang kian membaik di sekolah sepak bola Tanah Air. 

Hal itu menjadikan para punggawa garuda muda semakin matang dari segi mental dan skill. 

"Pengembangan kepelatihan secara terprogram akan mampu memoles bakat-bakat alami pemain kita sejak usia dini untuk tidak lagi bermain mengandalkan naluri dan kebiasaan," ujar pengamat sepak bola Indonesia, Wehsley Hutagalung kepada bakabar.com, Rabu (17/5). 

Bung Wes sapaan akrabnya mengatakan bahwa pemain muda Indonesia sudah mengalami kemajuan dari segi pemahaman taktik dan strategi yang diberikan pelatih. 

Baca Juga: Sejarah Real Madrid di Liga Champions Jadi Bekal Keyakinan Luka Modric

Karena faktor tersebut sangat diperlukan dalam sebuah tim di setiap pertandingan.

"Bermain bola sebagai tim menuntut kemampuan pemain memahami taktik dan strategi yang bervariasi dari pelatih karena dibutuhkan di pertandingan," tambahnya. 

Lanjutnnya, pengalaman dan keberanian para punggawa muda Indonesia untuk keluar dari zona nyaman sudah tepat untuk melatih mental dan karakter pemain. 

"Juga keberanian pemain muda kita untuk melangkah keluar dari Indonesia guna mencicipi sepak bola luar negeri," paparnya. 

Meski demikian, sejatinya anak-anak muda Indonesia tidak perlu terlaku berpatokan dengan bermain di luar negeri. 

Baca Juga: Barito Putera Resmi Kenalkan Bek Anyar Hasim Kipuw

Menurutnya, mendapatkan menit bermain yang lebih di klub lokal Liga 1 sudah cukup untuk melatih skill dan mental individu para pemain.

"Tak perlu bermain di tim elite Eropa selama pemain dapat rutin bertanding untuk mengasah ilmu yang didapat selama latihan di klub," tukasnya. 

Ia melihat dalam pertandingan antara Indonesia vs Thailand, Selasa malam (16/5) kemarin, para pemain Indonesia sudah jauh lebih baik dalam mengontrol dan mengelola permainan. 

Rizky Ridho dkk terlihat tampil sabar dan tidak terprovokasi oleh pemain Thailand, meskipun tetap ada ketegangan diantara kedua belah pihak. 

Namun justru para pemain Thailand yang tersulut emosi setelah tertinggal 3-2 di babak extra time

Baca Juga: Akhiri Penantian 32 Tahun, Terima Kasih Garuda Muda!

"Kita juga melihat ada perbedaan karakter bermain tim Indonesia yang tampil di SEA Games 2023. Kali ini, pemain kita sudah jauh lebih baik baik dalam kontrol dan pengelolaan emosi. Tidak mudah terpancing oleh provokasi lawan," imbuhnya. 

Fisik pemain Indonesia juga harus diakui dengan berhasil mempertahankan dan menambah koleksi gol meskipun bermain selama 120 menit. 

"Faktor fisik bermain dalam 120 menit juga menjadi kunci keberhasilan Indonesia meraih medali emas. Terlihat sekali fisik pemain Thailand jauh lebih terkuras di suhu yang panas saat laga final dimainkan," pungkasnya. 

Diketahui, Indonesia berhasil mengalahkan Thailand di partai final SEA Games 2023 di Kamboja dengan skor 5-2.

Skuad asuhan Indra Sjafri tersebut tampil maksimal sepanjang laga dan berhasil memberikan hasil terbaik untuk Merah Putih. 

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia berhasil mengakhiri paceklik juara setelah 32 tahun menanti medali emas di SEA Games untuk Sepakbola. 

Editor


Komentar
Banner
Banner