Tragedi Plumpang

Profil Nicke Widyawati, Dirut yang Terancam Dicopot Erick Thohir

Dirut) PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dikabarkan akan dicopot oleh Menteri BUMN Erick Thohir imbas dari kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Featured-Image
PT Pertamina (Persero) pastikan tidak ada yang tertinggal dalam transisi energi agar seluruh segmen masyarakat menerima manfaatnya. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA – Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dikabarkan akan dicopot oleh Menteri BUMN Erick Thohir imbas dari kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Kebakaran tersebut menewaskan sebanyak 17 orang, 49 korban jiwa mengalami luka-luka dan 3 orang lainnya masih hilang.

Isu tersebut sempat disampaikan Erick Thohir saat tengah menjenguk korban kebakaran di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan.“Saya sudah pernah mencopot direksi Pertamina. Kalau harus saya copot lagi, ya akan saya copot kembali,” ujarnya kepada awak media, Sabtu (3/4).

Pada kunjungan tersebut, Erick juga menyampaikan akan melakukan evaluasi pada sistem Health, Safety, Security dan Enviroment (HSSE) pada Pertamina.

Baca Juga: Erick Thohir Ancam Copot Direksi Pertamina, Harus Evaluasi HSSE Korporasi

Terkait isu pencopotan tersebut, terdapat nama Nicke Widyawati yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Nicke telah menjabat pada posisi tersebut sejak tahun 2018.

Ia bahkan sempat dicatat oleh Forbes sebagai Wanita Paling Berpengaruh di Dunia 2022. Majalah Forbes merilis The World’s 100 Most Powerful Women 2022 atau daftar perempuan paling berpengaruh di dunia pada 2022.

Sebelum menjadi Dirut PT Pertamina, Nicke merupakan Plt Dirut Pertamina menggantikan Elia Massa Manik yang diberhentikan dari jabatannya pada 2018.

Nicke sudah lama menjalani Jenjang karirnya dalam perusahaan BUMN. Perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 tersebut, telah dimulai sejak 2014. Waktu itu Nicke Widyawati dipercaya menjadi Direktur Perencanaan Korporat dan Direktur Pengadaan Strategis untuk PT Perusahaan Listrik Negara alias PLN.

Baca Juga: Erick Thohir Minta Pertamina, MIND ID dan PLN Bentuk Tim Risiko Bisnis

Kemudian, ia diangkat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia atau SDM Pertamina berdasarkan SK Kementerian BUMN Nomor SK-256/MBU/11/2017. Selama masa jabatannya sebagai Dirut PT Pertamina, perusahaan telah mengalami beberapa kali insiden kebakaran. Insiden tersebut terjadi sejak tahun 2019 dan terus terulang setiap tahunnya.

Pada tahun 2021, terjadi kebakaran hebat pada kilang Cilacap milik PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV yang terbakar sebanyak dua kali. Akibat dari insiden tersebut, Nicke menyampaikan permohonan maaf dan berjanji akan mengidentifikasi ulang terhadap aspek keamanan pada sejumlah fasilitas kilang minyak dan terminal bahan bakar minyak (TBBM).

Baca Juga: Pertamina Tanggung Perawatan dan Beri Santunan, Investigasi Terus Berjalan

Tapi, pada tahun 2022, terjadi lagi kebakaran pada kilang Pertamina di Kota Balikpapan Kalimantan Timur. Kebakaran tersebut memakan satu korban jiwa yang merupakan pekerja dari kontraktor. Dalam kurun waktu 2021-2022 kilang minyak milik Pertamina tercatat sudah terbakar sebanyak 5 kali.

Sejak saat itu, nama Nicke ramai diperbincangkan publik karena selama masa jabatannya, PT Pertamina diketahui sering mengalami insiden kebakaran kilang minyak yang memakan korban stiap tahun.

Editor


Komentar
Banner
Banner