Sepak Bola Internasional

Presiden CONMEBOL Tegaskan Piala Dunia 2030 Harus di Amerika Selatan

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mengatakan FIFA membuat kesalahan besar jika tidak memberikan jatah tuan rumah Piala Dunia 2030

Featured-Image
Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) dan Presiden CONMEBOL Alejandro Dominuez (kanan) saat menghadiri kongres ke-76 CONMEBOL, Jumat (31/3) waktu setempat. (Foto: dok. AFP)

bakabar.com, JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mengatakan FIFA membuat kesalahan besar jika tidak memberikan jatah tuan rumah Piala Dunia 2030 kepada empat negara bersama yaitu Argentina, Uruguay, Paraguay, dan Chili.

Dalam kongres CONMEBOL ke-76 yang digelar Jumat (31/3) waktu setempat, presiden Alejandro Dominguez meminta FIFA menghadiahi gelaran ke-100 Piala Dunia ke benua tersebut.

“Jangan membuat kesalahan yang dibuat oleh Olimpiade karena tidak memberikan Athena tempat 1996. Kita harus menyelenggarakan Piala Dunia seratus tahun di sini untuk menghormati sejarah,” kata Alejandro dikutip dari ESPN.

“[Presiden FIFA Gianni] Infantino, saya ingin memohon kepada Anda untuk menemukan cara merayakan 100 tahun Piala Dunia di Amerika Selatan. Ini bukan Piala 2030, ini Piala Centenary,” tambahnya.

Baca Juga: Carlo Ancelotti Tegaskan Tetap Ingin Melatih Real Madrid

Tawaran bersama negara-negara Amerika Selatan itu bertujuan untuk merayakan peringatan 100 tahun Piala Dunia setelah turnamen pertama diadakan di Uruguay pada tahun 1930.

Sementara tawaran bersama dari negara lain yaitu Spanyol dan Portugal, serta Maroko yang baru-baru ini bergabung juga ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

FIFA akan mengevaluasi tawaran dan membuat daftar kandidat sebelum memilih tuan rumah selanjutnya pada pemungutan suara anggota di Kongres.

Rencananya, pemungutan suara di Kongres FIFA akan dilakukan tahun depan, tepatnya pada September 2024.

Editor
Komentar
Banner
Banner