News

Potret Wajah Kali Ibu Kota Jakarta yang Tercemar Limbah Rumah Tangga

Jakarta sebagai ibu kota rupanya masih memiliki permasalahan serius dengan pencemaran kali.

Featured-Image
Kali Banjir Kanal Barat di Kecamatan Tambora Jakarta Barat, Jumat (9/12). Sumber Foto: Thomas

bakabar.com, JAKARTA - DKI Jakarta sebagai ibu kota negara masih memiliki permasalahan serius dengan pencemaran kali. Walau sekilas tampak terlihat bersih secara volume sampah, nyatanya pencemaran tetap terjadi melalui pembuangan limbah rumah tangga.

Salah satunya adalah Kali Banjir Kanal Barat yang terletak di depan Mall Seasons City Tambora Jakarta Barat.

Berdasarkan pantauan bakabar.com kondisi kali termasuk cukup bersih, jika dilihat berdasarkan perbandingan volume sampah dengan lebar kali.

Jenis sampah yang mengambang di permukaan air didominasi oleh sampah plastik dan styrofoam. Mulai dari bungkus makanan kemasan, kotak susu, bungkus detergen dan sabun cuci piring.

Pemukiman di tepi Kali Kalibaru di pintu keluar pasar Kramat Jati Jakarta Timur mengarahkan saluran pembuangan limbah rumah tangga di kali. (Foto: bakabar.com/Thomas)
Pemukiman di tepi Kali Kalibaru di pintu keluar pasar Kramat Jati Jakarta Timur mengarahkan saluran pembuangan limbah rumah tangga di kali. (Foto: bakabar.com/Thomas)

Tidak hanya itu, terlihat banyak lubang di sepanjang tembok kali yang beberapa kali mengalirkan air masuk ke kali.

Seorang warga Alpin (25) menjelaskan fungsi lubang di tembok kali memang untuk mengalirkan air limbah dari rumah warga.

"Iya segala air dari rumah disitu keluarnya dari lubang," ucapnya kepada bakabar.com di Kali Banjir Kanal Barat, Jumat (9/12).

Baca Juga: Bahaya Laten Kali Jakarta yang Mengancam Kesehatan dan Hak Hidup Warga

Baca Juga: Pengamat Bongkar Sebab Terjadinya Bau Pesing dan Tak Sedap Sungai di Jakarta

Tidak hanya limbah dalam bentuk air, warga juga suka membuang sampah langsung ke kali.

"Ya mereka kadang main buang aja ke kali, soalnya kan ada orang dinas PPSU yang bersihin kali tiap hari," ujarnya.

Memang terlihat di sisi timur kali terdapat sejumlah petugas Penanganan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU) yang berjaga di sebuah tempat kecil di tengah kali. Selain itu ada semacam bantalan mengambang yang memanjang dan juga 1 buah ekskavator.

Untuk air Kali Banjir Kanal Barat berwarna cokelat keruh, dan aliran airnya berjalan lambat. Sesekali masih dapat terlihat adanya ikan yang hidup di kali ini.

Baca Juga: Cerita Warga Kencing Sembarangan Bikin Bau Pesing di Waduk Kebon Melati

Baca Juga: Kali di Jakarta Tercemar, Betulkah Jadi Penyebab Udara Bau Pesing?

Tidak jauh berbeda dengan kondisi yang ada di Kali Banjir Kanal Barat, kondisi serupa juga terjadi di Kali Kalibaru dekat pasar induk Kramat Jati Jakarta Timur.

Warna air pada kali terlihat kecoklatan keruh, namun sedikit berbeda karena secara aliran sedikit lebih deras. Tepat di samping kali berdiri rumah penduduk dengan terlihat beberapa toilet umum nampak disewakan.

Tertulis di pintu toilet biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan kamar mandi tersebut. Untuk keperluan mandi tertera harga sekitar Rp2000 sedangkan untuk BAB yaitu Rp4.000.

Di mana pada bagian bawah tembok kali, terdapat pipa pembuangan yang di duga mengalirkan limbah yang berasal dari kamar mandi umum itu.

Editor


Komentar
Banner
Banner