Kebakaran Jakarta

Polres Jakut Tambal Kekurangan Logistik Korban Depo Pertamina Plumpang

Polres Metro Jakarta Utara tengah menambal kekurangan logistik bagi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Sebab para korban yang membutuhkan

Featured-Image
Kondisi rumah yang terbakar di kawasan RW 01 Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Selasa (7/3). (Foto: apahabar.com/Ryan Suryadi)

bakabar.com, JAKARTA - Polres Metro Jakarta Utara tengah menambal kekurangan logistik bagi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Sebab para korban yang membutuhkan keperluan sehari-hari yang beragam dan belum tercukupi. 

Maka ia menambal kekurangan logistik di dua titik lokasi terdampak kebakaran. 

"Kami menyambangi dua ketua RW yang terdampak langsung kebakaran kemarin, RW 09 dan RW 01 Kelurahan Rawa Badak Selatan," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, Selasa (7/3).

Baca Juga: Pertamina Tanggapi Soal Uang Santunan Rp10 Juta untuk Korban Tewas Kebakaran Plumpang

Ia beserta jajarannya bertemu langsung dengan Ketua RW 01 dan RW 09 Kelurahan Rawa Badak Selatan untuk menelusuri kebutuhan warga yang belum tercukupi. 

"Ada vitamin, ada perlengkapan (pakaian) dalam, kemudian perlengkapan mandi, ada kompor, nah itu untuk keberlangsungan ke depan," kata Gidion.

Kemudian, Polrestro Jakut langsung memberikan sejumlah bantuan berupa logistik maupun barang lainnya kepada warga. Lalu pencatatan kebutuhan perlu dilakukan agar para pihak yang hendak mengalirkan bantuan  tepat sasaran dan tepat guna. 

Baca Juga: Panglima Kerahkan Prajurit Evakuasi Puing-Puing Rumah di Plumpang

Selain itu, pihaknya juga bakal menjembatani warga yang keluarganya meninggal dalam kebakaran. Termasuk menginformasikan penemuan jenazah kepada pihak keluarga jika tim pencarian membuahkan hasil. 

"Masukan tentang temuan jenazah yang ditemukan yang sudah teridentifikasi itu juga bagian dari kami untuk meneruskan dan mengirimkan kepada keluarga nantinya," ujarnya.

Data Posko Terpadu Koramil 01 Koja, tercatat ada 84 rumah dan 15 unit mobil dan 14 sepeda motor yang terkena dampak kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, pada Selasa (7/3).

Rumah yang sudah didata terdampak kerusakan ada di RT05/01 Rawa Badak Selatan (13 unit) yang ditinggali 13 kepala keluarga (KK) dan 75 jiwa, di RT06/01 Rawa Badak Selatan (70 unit) yang ditinggali 80 KK/280 jiwa, RT07/01 Rawa Badak Selatan (satu unit) yang ditinggali 1 KK/4 jiwa.

Baca Juga: Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang: 19 Orang Meninggal!

Tercatat, hingga kini sekitar 19 korban tewas dan 49 lainnya luka-luka akibat kebakaran tersebut. Sementara itu rumah rusak di RW02 masih terus dilakukan pendataan.

Adapun kendaraan berupa mobil yang rusak berat berjumlah 13 unit dan rusak ringan sebanyak dua unit.

Lalu korban di pengungsian saat ini sebanyak 204 jiwa, yakni 11 jiwa berada di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak Rawa Badak Selatan (RPTRA Rasela) dan 193 jiwa di Markas Palang Merah Indonesia Jakarta Utara.

Editor


Komentar
Banner
Banner