Malam Tahun Baru 2024

Polisi Amankan Sejumlah Titik Perayaan Tahun Baru di Bandung

Sejumlah personel diturunkan pada titik kumpul massa di Kota Bandung, Jawa Barat.

Featured-Image
Suasana lalin di wilayah jalan Braga Kota Bandung, Sabtu (30/12) pagi.Foto,apahabar.com/Hasbi

bakabar.com, BANDUNG - Polrestabes Bandung menyiapkan upaya pengamanan dan pengaturan lalu lintas saat malam pergantian tahun. Sejumlah personel diturunkan pada titik kumpul massa di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Personel akan dipertebal dan difokuskan pada sebelas titik konsentrasi massa. Salah satunya di flyover Pasupati (jalan layang Prof Mochtar Kusumaatmadja), Jalan Braga, Asia Afrika, Alun-Alun Bandung, dan Ir Djuanda karena di sana pasti ada penumpukan,” kata Kepala Bagian Operasi Polrestabes Bandung AKBP Sumari, Sabtu (30/12).

Sumari menyebut beberapa titik lainnya yang menjadi perhatian, antara lain Jalan Sukajadi, Setiabudi, Cipaganti, Cihampelas, Ahmad Yani, dan Cimincrang. Menurut dia, petugas pun akan melakukan pemantauan di jalur masuk wilayah Kota Bandung, seperti di Cibiru, untuk mengantisipasi potensi kemacetan.

"Jalur masuk Kota Bandung juga akan terus dilakukan pemantauan guna mengantisipasi potensi kemacetan, " Kata Sumari.

Baca Juga: Tahun Baru Resolusi Baru! Buat Apa Punya Pemikiran Jauh ke Depan?

Sementara itu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Jawa Barat, menyampaikan rencana penutupan jalan layang Prof Mochtar Kusumaatmadja (flyover Pasupati) saat malam pergantian tahun. Penutupan jalan layang itu akan dilakukan. 

"Kalau tidak ditutup, ditakutkan banyak kendaraan yang berhenti di sana untuk merayakan malam tahun baru,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional (Dalops) Dishub Kota Bandung Asep Kuswara, Saat dikonfirmasi.

Asep menjelaskan nantinya akan dilakukan penutupan akses menuju jalan layang, seperti di Jalan Dr Djunjunan (Pasteur), Jalan Surapati, Jalan Tamansari, Jalan Cihampelas, dan akses masuk di sekitar Jalan Sukajadi.

"Kendaraan maupun masyarakat dilarang untuk memasuki jalan layang Pasupati selama waktu yang telah ditentukan, pada pukul 23.00 hingga 01.00 WIB,” kata Asep.

Asep menambahkan selama penutupan jalan layang itu. Arus kendaraan akan dialihkan. Seperti kendaraan  akan memasuki Kota Bandung dari Tol Pasteur. 

“Untuk kendaraan dari tol kita bisa alihkan ke Jalan Pasirkaliki, bisa ke Sukajadi, bisa ke Jalan Surya Sumantri. Keputusan ini dalam rangka memberikan kenyamanan bagi warga masyarakat,” ujar Asep.

Baca Juga: Kakorlantas Polri: Jalur Puncak Bogor Waspada Tahun Baru!

Asep mengatakan Dishub Kota Bandung juga menyiapkan pengaturan lalu lintas saat malam pergantian tahun. Khususnya di titik-titik yang diperkirakan ramai masyarakat.

“Apabila ada kemacetan, kami kolaborasi dengan kepolisian. Kami sudah menyiapkan pembatas jalan. Bilamana ada kemacetan, secara situasional kami tutup dan kendaraan akan dialihkan,” kata Asep.

Editor
Komentar
Banner
Banner