Nasional

Kondisi Malam Tahun Baru 2024 di Martapura Banjar: Biasa Saja

Kondisi malam tahun baru 2024 di Martapura Kabupaten Banjar tampak seperti malam pada biasanya, Minggu (31/12) malam menjelang pergantian tahun.

Featured-Image
Malam tahun baru 2024 di Martapura Kabupaten Banjar terasa seperti malam biasanya. Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Kondisi malam tahun baru 2024 di kota Martapura, Kabupaten Banjar tampak seperti malam pada biasanya, Minggu (31/12/2023) malam menjelang pergantian tahun.

Pantauan di pusat Martapura, yakni di RTH Ratu Zalecha maupun Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS), tidak ada kegiatan maupun perkumpulan warga di tempat publik tersebut.

Juga demikian saat detik-detik pergantian tahun, hanya sesekali terdengar suara mercon yang dinyalakan masyarakat.

Warga rupanya lebih memilih berkumpul di rumah bersama keluarga, melakukan bakar-bakaran sate, barbekyuan, atau sejenisnya.

"Malam tahun baru di rumah saja ngumpul - ngumpul keluarga besar sambil bakar-bakaran," ujarnya.

Menurutnya, momen pergantian tahun tidak mesti harus keluar rumah. Yang terpenting baginya berkumpul keluarga besar sambil makan - makan.

Sama halnya yang dilakukan Riswan bersama keluarga besarnya. Warga Gambut ini juga memilih barbekyuan di depan rumah. Menurutnya, di luar tidak ada hal menarik pada malam pergantian tahun.

"Palingan besok kami sekeluarga kecil jalan - jalan ke tempat wisata," tutur Riswan.

Di sisi lain, mobil polisi sesekali lewat berpatroli guna memastikan kemanan dan kekondusifan masyarakat.

Kata Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat, pihaknya tidak melarang masyarakat melakukan kegiatan perayaan pergantian tahun, namun yang terpenting tetap tertib dan menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

"Jika ada kegiatan masyarakat merayakan malam pergantian tahun dan tidak ada izinnya, maka diberikan waktu sampai jam 00.30 saja, setelahnya akan dibubarkan," ungkap kapolres saat konferensi pers tadi.

Alasannya, kata kapolres, untuk menghindari kekhawatiran para orang tua jika anak - anaknya tidak pulang.

"Jadi kegiatan patroli tersebut kami hanya ingin memastikan dan kami siap mengamankan masyarakat yang merayakan tahun baru," pungkas AKBP Ifan Hariyat.

Editor
Komentar
Banner
Banner