Habar Pemilu 2024

PKS Jadi Partai Pertama Pendaftar Bacaleg ke KPU Tabalong

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Kabupaten Tabalong, Senin (8/5).

Featured-Image
Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah, menerima berkas pengajuan bakal caleg dari PKS. Foto - apahabar.com/Muhamamad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Tabalong, Senin (8/5).

PKS menjadi parpol peserta pemilu 2024 yang pertama datang mendaftar ke KPU Tabalong setelah dibukanya pengajuan bacaleg pada 1 Mei 2024.

Dipimpin Ketua DPD PKS, Hj Sumiati, bacaleg datang ke KPU menggunakan becak dan sejumlah mobil. Selanjutnya mereka disambut Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah, bersama komisioner lainnya di ruangan yang telah disiapkan.

Ketua DPD PKS Tabalong, Hj Sumiati, mengatakan ada 30 bakal caleg yang akan didaftarkan ke KPU. 

"Dari jumlah bacaleg tersebut, tiga di antaranya saat ini merupakan anggota DPRD Tabalong dari PKS. Sedangkan keterwakilan perempuan sampai 47 persen," jelasnya.

Baca Juga: Buntut Pamer Tas Rp1 Miliar, Kadinkes Lampung Diperiksa KPK

Dari 30 bacaleg yang didaftarkan, PKS menargetkan bisa meraih enam kursi di DPRD Tabalong.

"Kami menargetkan enam kursi anggota dewan yang tersebar di semua daerah pemilihan, dua kursi di dapil selatan, dua kursi di Tanjung-Tanta, satu kursi di Murung Pudak dan satu kursi di utara," ungkapnya.

Sumiati menjelaskan untuk dapil utara, pihaknya akan berupaya mempertahankan kursi yang telah diraih.  "Jika tidak dapat meningkatkan jumlah kursi, minimal kami harus dapat meningkatkan jumlah suara," katanya. 

"Kami sudah memetakan di wilayah utara, meski ada sembilan kursi, kita harus dapat melihat juga potensi rekan-rekan peserta pemilu di kiri kanan," ucapnya.

Baca Juga: Inovasi dalam Pembayaran Digital, Presiden Jokowi: Perlu Diperkuat

Selain target enam kursi di DPRD Tabalong, PKS juga menargetkan dua kursi DPRD Provinsi Kalsel dapil 5 dan dua kursi DPR RI dapil 1.

"Semoga nantinya anggota dewan yang kita yang terpilih bisa memegang amanah dan dapat berkontribusi terhadap kemajuan bangsa," pungkas Sumiati.

Terpisah, Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah, mengucapkan terima kasih kepada PKS atas partisipasinya sebagai peserta bacaleg. Ini menandakan mereka siap mensukseskan Pemilu 2024.

Pendaftaran sendiri dimulai dengan penyampaian berkas oleh pimpinan PKS ke KPU dengan penyampaian dokumen Formulir B pengajuan bakal calon, Formulir B daftar daftar calon DPRD, syarat-syarat bakal calon yang diajukan yang disampaikan melalui digital yang di unggah melalui Silon.

Baca Juga: 11 Negara dan 567 Runners Meriahkan Merbabu Sky Race 2023

Selanjutnya, KPU Tabalong melakukan pemeriksaan terkait dengan kelengkapan dokumen yang disampaikan melalui Silon maupun formulir fisik yang disampaikan 

"Dari pemeriksaan hasilnya lengkap dan dapat diterima. Selanjutnya KPU Tabalong membuka ruang sampai penetapan DCT untuk konsultasi dan koordinasi jika terdapat hal-hal yang kurang jelas bisa langsung datang ke KPU Tabalong," tutup Ardi.

Editor


Komentar
Banner
Banner