liga 1

Persik Bantai Persebaya 4-0, Macan Putih Kuasai Derby Jatim

Persik Kediri melawan Persebaya Surabaya pada pertandingan Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Jumat (27/10). 

Featured-Image
Pemain Persebaya Surabaya, Bruno Moreira (tengha) saat bertanding menghadapi Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Jumat (27/10). foto: officialpersebaya

bakabar.com, JAKARTA - Persik Kediri sukses kuasai derby Jatim usai membantai Persebaya Surabaya 4-0 pada pertandingan Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Jumat (27/10). 

Kemenangan itu berkat gol yang diciptakan oleh Eko Adi Jayanto (47'), bunuh diri Song Ul-young (55'), dan brace dari Flavio Silva (61', 65').

Di babak pertama, Persik dan Persebaya sebenarnya bermain cukup alot di awal pertandingan. Kedua tim sama-sama mengalami kesulitan mengembangkan permainan.

Namun Persebaya bermain lebih dominan dan menguasai jalannya pertandingan. Tapi usaha Ze Valente dkk tak ada yang membuahkan hasil.

Baca Juga: Persik Kediri vs Persebaya Surabaya, Duel Kuasai Derby Jatim

Sedangkan Persik juga tak mampu menciptakan peluang berbahaya di sepanjang pertandingan.

Bermain tanpa diperkuat Renan Silva, ketajaman Persik benar-benar melemah. Sebab, tim berjuluk Macan Putih itu hanya mengandalkan serangan balik lewat Yohanes Pahabol dan Flavio Silva.

Di penghujung babak pertama berakhir, drama terjadi saat wasit menunjuk titik putih untuk tim tuan rumah usai dinilai pemain Persebaya Song Ui-young melanggar gelandang Persik Bayu Otto.

Protes pun dilayangkan kubu tim tamu yang dinilai Song Ul-yong tak melakukan pelanggaran dan lebih dulu membuang bola daripada mengenai kaki lawannya. 

Setelah berdiskusi dengan hakim garis dan wasit keempat, sang pengadil akhirnya membatalkan penalti tersebut.

Baca Juga: Privat Mbarga Jadi Bintang, Bali United Bungkam Persebaya 3-1

Akan tetapi, protes berbalik dilontarkan kubu Persik yang membuat babak pertama pun harus diakhiri agar tak terjadi hal yang diinginkan. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persik dan Persebaya sudah melupakan insiden yang kurang menyenangkan di menit akhir babak pertama.

Buktinya, keduanya sama-sama fokus bermain dan saling berusaha mencoba membangun serangan.

Namun Persik justru yang berhasil memecah kebuntuan saat pertandingan baru memasuki menit 47.

Baca Juga: Persebaya vs Persib, Maung Bandung Waspadai Serangan Bajul Ijo

Eko Adi Jayanto berhasil mencetak gol usai memanfaatkan bola liar yang tendangannya sempat mengenai Song Ul-young dan membuat kiper Persebaya Ernando Ari kesulitan mengamankan bola. 

Gol tersebut semakin menambah semangat Macan Putih untuk meraih kemenangan di laga tersebut. 

Apalagi, Persebaya harus bermain dengan 10 pemain setelah sang kapten Reva Adi Putra menerima kartu kuning kedua yang membuatnya mendapatkan kartu merah di menit 54 usai menjatuhkan Mochammad Supriadi.

Kondisi itu membuat Persik semakin leluasa melancarkan serangan.

Hasilnya, Macan Putih berhasil menggandakan keunggulan setelah Song Ul-Young melakukan gol bunuh diri setelah gagal mengantisipasi umpan crossing dari Yusuf Meilana di menit 55.

Baca Juga: Epic Comeback! Persib Pecundangi Persebaya 3-2

Unggul 2-0, Persik semakin percaya diri memberikan kemenangan untuk pendukungnya. 

Lagi-lagi, mereka kembali mencetak gol berkat sundulan Flavio Silva yang menerima umpan dari Simen Lyngbo di menit 61. Skor pun berubah menjadi 3-0.

Empat menit berselang, Flavio Silva berhasil mencetak brace di laga tersebut. Gol itu tercipta setelah memanfaatkan kesalahan Yohanes Kandaimu dan langsung melepaskan tendangan keras ke gawang Persebaya.

Dengan waktu tersisa, Persebaya tak mampu mengejar ketertinggalannya. Sedangkan Persik berhasil mempertahankan keunggulannya hingga pertandingan berakhir dengan skor 4-0.

Baca Juga: Comeback Dramatis, Persija Jakarta Kalahkan Persik Kediri 2-1

Hasil ini membuat Persik berhasil menembus posisi 9 klasemen sementara Liga 1 dengan 23 poin.

Sedangkan Persebaya yang memperpanjang puas kemenangan di empat laga terakhir harus turun ke peringkat 10 dengan 22 poin.

Editor


Komentar
Banner
Banner