Sport

Persiapan Terbatas, Pereli Binuang H Rihan Variza Naik Podium Kejurnas Sprint Rally

apahabar.com, PANDEGLANG – Sekalipun dengan persiapan terbatas, HM Rihan Variza masih mampu meraih podium di putaran…

Featured-Image
H Rihan Variza melewati trek becek di Sirkuit Badak yang hampir sepanjang perlombaan diguyur hujan. Foto: Istimewa

bakabar.com, PANDEGLANG – Sekalipun dengan persiapan terbatas, HM Rihan Variza masih mampu meraih podium di putaran pembuka Kejurnas Sprint Rally 2021.

Berlangsung di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, Sabtu hingga Minggu (10-11/4), Rihan Variza menempati peringkat kedua grup maupun kejuaraan umum.

Menggeber Mazda2 AP4, pereli dari Binuang, Kalimantan Selatan, itu membukukan total waktu 10:19,6 detik dari empat Spesial Stage (SS) yang diperlombakan.

Bahkan dari empat SS, Rihan Variza yang dinavigatori Andi Rendy, membukukan waktu tercepat di antara semua peserta dengan 02:29,0 detik di SS 1.

Padahal di SS1, Rihan Variza sempat mengalami pecah ban depan. Masih di hari pertama, mobil pereli HRVRT BGM HBM BMB Rally Team ini juga menyelonong masuk persawahan dan mati mesin.

Di sisi lain, Rihan Variza tidak sepenuhnya fit akibat cedera bahu kiri yang diperoleh dari mengikuti adventure trail di Binuang.

“Bahkan sebelum menjalani balapan, Rihan harus mendapatkan semprotan pemati rasa,” jelas Rahman Norwahyudi, team official HRVRT.

Sementara peringkat teratas ditempati Rifat Sungkar. Mengendarai Mitsubishi Xpander AP4, Rifat membukukan total waktu 10:08,2 detik.

“Kecuali mobil yang selalu mendapat perawatan khusus, persiapan individual terbilang terbatas,” beber Rahman.

“Praktis sejak Kejurda Jogja Sprint Rally di awal 2020, kami tidak mengikuti event apapun akibat pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Kejurnas Sprint Rally dijadwalkan berlangsung sebanyak enam putaran. Setelah dibuka di Sirkuit Badak, putaran kedua dan ketiga berlangsung 24 hingga 25 Juni di Jambi.

Kemudian putaran keempat dan kelima kembali digelar di Banten dengan jadwal masing-masing 11 hingga 12 September dan 30 hingga 31 Oktober.

Sementara putaran terakhir digelar 20 hingga 21 November di Jawa Barat, “Insyaallah kami mengikuti semua putaran dan kejuaraan juga tetap berjalan,” papar Rahman.

“Mudahan juga tak terjadi kendala apapun dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Selain mengenakan masker, semua pebalap dan kru harus menjalani swab antigen, sebelum memasuki paddock,” tandasnya.

Kejurnas Sprint Rally putaran pertama ini diikuti lebih dari 180 pembalap dan navigator, serta 95 mobil.

Sejumlah pebalap legendaris turut serta, antara lain Dolly Indra Nasution, Chepot Haniwiano hingga Fitra Eri.

Tidak ketinggalan pejabat publik seperti Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, hingga Dony Maryadi Oekon yang juga anggota DPR RI.



Komentar
Banner
Banner