Pemenuhan Gizi Anak

Penting! Perhatikan Pemenuhan Gizi Anak Sebelum Usia Lima Tahun

Pakar gizi ingatkan orang tua pentingnya pemenuhan gizi untuk perkembangan otak anak. Terutama sebelum anak berusia 5 tahun.

Featured-Image
Makanan sehat untuk pemenuhan gizi anak. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA - Pakar gizi ingatkan orang tua pentingnya pemenuhan gizi anak. Terutama sebelum anak berusia 5 tahun.

Pakar Gizi Klinik dan Presiden Indonesian Nutrition Association (INA), Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK(K) mengingatkan para orang tua untuk memenuhi nutrisi anak dengan baik. Nutrisi berperan sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak untuk membuatnya berprestasi.

“Anak usia 3 tahun ke atas memiliki kebutuhan nutrisi yang relatif tinggi karena masih mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dan sangat aktif, mulai dari kemampuan bahasa, kognitif, motorik, hingga sosial dan emosionalnya,” ujar pakar gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu.

Baca Juga: Tumbuh Kembang Manusia, Ahli Pangan IPB Ingatkan Pentingnya Gizi

Luciana mengingatkan bahwa nutrisi masih sangat berperan penting untuk mendukung tumbuh kembang anak, terutama dalam mengoptimalkan perkembangan kognitifnya.

"Sebab, 90 persen perkembangan otak terjadi pada usia 5 tahun, di mana tidak ada periode lain dalam kehidupannya yang memiliki dampak yang lebih besar," katanya.

Karena itu Luciana menegaskan untuk memperhatikan kualitas nutrisi yang diberikan pada masa-masa ini sangat penting, karena otak membutuhkan beberapa nutrisi yang tepat dan seimbang, seperti Omega 3 (DHA), Omega 6, dan Zat Besi. Ketiganya memiliki peran penting dalam menunjang perkembangan kognitif anak untuk berprestasi.

Editor
Komentar
Banner
Banner