Bayi Mulai Mengenali Nama

Kapan Bayi Mulai Mengenali Nama Mereka? Simak Ciri dan Cara Melatihnya

Pengenalan nama adalah salah satu perkembangan bahasa pada bayi. Kenali tumbuh kembang dan tips membantunya menguasai keterampilan tersebut.

Featured-Image
Usia Bayi Mengenali Namanya saat Dipanggil, Serta Cara Membantu Pertumbuhan si Kecil. Foto: iStock Photo

bakabar.com, JAKARTA - Pengenalan nama adalah salah satu perkembangan bahasa pada bayi. Kenali tumbuh kembang dan tips membantunya menguasai keterampilan tersebut.

Di tahun pertamanya, bayi akan menunjukkan kemampuan dalam perkembangannya. Salah satu hal yang menarik bagi orang tua adalah mengenali dan bereaksi saat orang menyebutkan namanya.

Kebanyakan bayi mengenali nama mereka antara usia 4 dan 9 bulan. Orang tua mungkin akan melihat perkembangan anak pada masa ini.

Menurut American Speech-Language-Hearing Association (ASLHA) bayi pada usia 4 hingga 6 bulan, mungkin dapat merasakan perubahan nada bicara saat berbicara dengannya.

Baca Juga: Hari Anak Internasional, Orang Tua Pegang Peran Penting Cegah Kekerasan Seksual pada Anak

Rata-rata mulai sekitar tujuh bulan, mereka mengalihkan perhatian untuk melihat asal suara tersebut, dan sebagian beasr mereka akan melihat ketika Anda memanggil namanya di usia sembilan bulan.

"Bayi mengembangkan keterampilan bahasa yang berbeda, dan pada waktu yang berbeda," kata Kristen Cook, MD, seorang dokter anak di Ascension All Saints Hospital di Wisconsin, dikutip Parents, Kamis (23/11).

Ilustrasi Bayi Berkomunikasi dengan Orang Tua. Foto: Getty Images
Ilustrasi Bayi Berkomunikasi dengan Orang Tua. Foto: Getty Images

Banyak orang tua menantikan hari di mana bayi mereka mengenali nama mereka. Anda dapat membantu si kecil untuk melatihnya dengan beberapa cara berbeda, seperti

Mengulangi Nama Mereka

Sebagai orang tua, Anda dapat menstimulasi si kecil dengan sering mengulangi nama bayi Anda sesering mungkin dalam percakapan sehari-hari.

Dengan mengulangi pengucapan kata, hal tersebut membiasakan si kecil terhadap kalimat yang dikeluarkan dari suara Anda.

Baca Juga: Bayi Tersenyum Saat Tidur, Ternyata Ada Artinya Lho!

Berbicaralah dengan Bayi

Meski bayi tidak memahami yang Anda katakan, berbicara dengannya dan mengubah nada bicara akan membantunya belajar berkomunikasi.

Membaca dan Bernyanyi Bersama

Selain menunjang kemampuan bahasa, membacakan cerita dan bernyanyi dapat memperkuat perkembangan otak bayi secara keseluruhan, yang memperluas kosa kata mereka.

Melatih Keterampilan Bahasa Ekspresif

Ilustrasi Komunikasi dengan Bayi. Foto: iStock Photo
Ilustrasi Komunikasi dengan Bayi. Foto: iStock Photo

Untuk menguasai pengenalan bahasa reseptif, bayi perlu dilatih dalam keterampilan bahasa ekspresif.

"Bahasa ekspresif mengacu pada kemampuan berkomunikasi, baik melalui gerak tubuh atau menggunakan kata-kata yang diucapkannya," kata Dr. Cook.

Baca Juga: White Noise Bisa jadi Pengantar Tidur yang Menenangkan untuk Bayi

Tiap bayi memiliki perkembangan dengan kecepatan yang berbeda. Tapi sebagai orang tua, ada baiknya mengunjungi dokter jika bayi Anda tidak merespon namanya pada usia sembilan bulan.

Berbagai faktor mungkin dapat menghalangi anak mengenali namanya, termasuk masalah pendengaran, keterlambatan perkembangan, atau gangguan spektrum autisme.

Dengan melakukan konsultasi degnan dokter anak, orang tua dapat memantau perkembangan si kecil secara lengkap, dan mengetahui apa yang dibutuhkan si kecil guna berikan yang terbaik padanya.

Editor
Komentar
Banner
Banner