Kasus Korupsi

Pengamat: Menteri Jokowi Langganan jadi 'Pasien' KPK-Kejagung

Peneliti Pusat Studi Antikorupsi Universitas Mulawarman, Herdiansyah Hamzah mengaku tak kaget menyaksikan para menteri Jokowi hilir mudik menjadi 'pasien' KPK

Featured-Image
Menkominfo Johnny Plate resmi ditetapkan sebagai tersangka korupsi BTS Kominfo. Foto: apahabar.com/Farhan

bakabar.com, JAKARTA - Peneliti Pusat Studi Antikorupsi Universitas Mulawarman, Herdiansyah Hamzah mengaku tak kaget menyaksikan para menteri Jokowi hilir mudik menjadi 'pasien' KPK dan Kejaksaan Agung.

Sebab sejumlah menteri Jokowi kerap bulak balik diperiksa penegak hukum, bahkan menyandang status tersangka korupsi.

"Banyaknya menteri-menteri di era Jokowi yang tersangkut perkara korupsi, bukan hal yang mengherankan buat saya," kata Herdiansyah kepada bakabar.com, Senin (17/7).

Baca Juga: Menkominfo Nonaktif Johnny Plate Ajukan Nota Keberatan!

Pria yang akrab disapa Castro menilai bahwa menteri Kabinet Indonesia Maju dibangun berdasarkan tukar guling kepentingan dan kekuasaan.

Menurutnya, sejak awal dibangun komitmen politik dan menggeliat sebaran kampanye, Jokowi akhirnya tersandera politik transaksional dengan tim pemenangan dan partai-partai pendukungnya.

"Jadi itu mengapa saya katakan bahwa tidak heran banyak menteri di era Jokowi jadi pesakitan KPK. Karena bibit korupsinya memang sudah ditanam sejak awal," jelas dia.

Baca Juga: Mentan Syahrul Yasin Limpo Tak Gentar Jika 'Dikriminalisasi' KPK!

Terlebih Castro melempar insinuasi terdapat politik keberpihakan Jokowi dalam melemahkan KPK.

Hal ini dapat dimaknai dalam revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

Sejak saat itu, kata dia, akselerasi dan telah terjadi pelemahan terhadap KPK dan timbul juga demoralisasi serta degradasi pada tubuh KPK

"Hal ini terutama terlihat terhadap pelemahan KPK (revisi UU KPK hingga soal integritas Firli cs)," pungkasnya.

Kekinian Jokowi mesti gigit jari saat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka dan kini dijebloskan ke penjara.

Meski sempat terendus upaya politisasi lantaran Johnny merupakan kader Partai NasDem, namun tak bisa dipungkiri bahwa anak buah Jokowi terindikasi melakukan korupsi.

Baca Juga: Pengelolaan Ruang Laut, Menteri KKP: Harus Beri Manfaat ke Masyarakat

Lalu ingatan masyarakat juga disegarkan dengan diciduknya Menteri Sosial Juliari P Batubara yang juga tersandung masalah korupsi bantuan sosial saat pandemi Covid-19.

Baca Juga: KPK Periksa 49 ASN Kementerian Pertanian

Lalu Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo yang juga duduk dikursi pesakitan lantaran kasus benih lobster. 

Kemudian, Imam Nahrawi yang saat itu menjabat sebagai Menpora menjadi tersangka kasus dugaan suap dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Bahkan kini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tampak pernah memeriksa Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Lalu KPK juga kini masih mengatur waktu untuk memeriksa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait kasus rasuah di lingkungan Direktorat Perkeretaapian Kemenhub.

Editor


Komentar
Banner
Banner