Kebakaran TPA Rawa Kucing

Penerbangan 7 Maskapai Terganggu Akibat Kebakaran TPA Rawa Kucing

AirNav Indonesia mengungkapkan kebakaran yang terjadi di TPA Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang berdampak muncuknnya asap tebal. Kondisi tersebut

Featured-Image
Petugas BPBD Kota Tangerang berusaha memadamkan kebakaran TPA Rawa Kucing pada Jum'at, (20/10). Foto: Rizky Dewantara

bakabar.com, TANGERANG - AirNav Indonesia mengungkapkan kebakaran yang terjadi di TPA Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang berdampak muncuknnya asap tebal. Kondisi tersebut berimbas terganggungnya sejumlah penerbangan di Bandara Soekarno Hatta.

"Hingga saat ini ada tujuh maskapai yang terganggu akibat kebakaran sampah tersebut," ungkap Sekertaris Perusahaan AirNav Indonesia, Hermana Soegijantoro melalui keterangan resmi, Minggu, (22/10).

Dalam kondisi tersebut AirNav Indonesia telah mengambi langkah-langkah mitigasi dengan menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor A3092-23.

Baca Juga: Warga Terdampak Asap Kebakaran TPA Rawa Kucing Tangerang Dievakuasi

NOTAM tersebut diterbitkan untuk memberitahukan kepada seluruh penerbangan guna menjaga keselamatan, keamanan, keteraturan penerbangan, dan mengurangi potensi keterlambatan di bandara.

"Selain pemberitahuan di atas kami juga telah mengatur kedatangan dan keberangkatan penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan mempertimbangkan arah asap, yang sangat tergantung pada kondisi angin," kata Soegijantoro.

Untuk mengantisipasi banyaknya maskapai yang terdampak, Airnav Indonesia telah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), stasiun meteorologi Bandara CGK, untuk memperbarui informasi mengenai prediksi arah angin dalam satu minggu ke depan.

Baca Juga: Kebakaran TPA Rawa Kucing, Penerbangan Bandara Soekarno-Hatta Aman

Baca Juga: TPA Rawa Kucing Tangerang Kebakaran, Petugas Kesulitan Padamkan Api

Hermana menambahkan pihaknya telah berkoordinasi mengenai skenario pengoperasian penerbangan heli water bombing oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sehingga api yang terbakar pada TPA Rawa Kucing bisa lebih cepat dipadamkan.

“Kami mendukung upaya penanggulangan kebakaran yang dilakukan oleh BNPB,” tandasnya.

Berikut tujuh penerbangan domestik dan internasional yang sempat terganggu saat menuju Bandara Soekarno-Hatta:

1. Batik Air nomor penerbangan BTK6345 Rute YIA -CGK harus kembali lagi ke Yogyakarta International Airport. Pesawat seharusnya mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 13.58 WIB.

2. Lion Air nomor penerbangan LNI779 Rute UPG-CGK harus dialihkan ke YIA. Seharusnya pesawat mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 15.00 WIB.

3. Batik Air dengan nomor penerbangan BTK6595 Rute DPS-CGK harus dialihkan ke YIA. Seharusnya pesawat mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Pukul 15.05 WIB.

Baca Juga: TPA Rawa Kucing Overload, DLH Tangerang: Belum Ada Rencana Buka Lahan

Baca Juga: Truk Sampah Antre di TPA Rawa Kucing, Ternyata Kapasitas Overload

4. Nippon Airways dengan nomor penerbangan ANA855 Rute Haneda - CGK harus dialihkan ke Changi, Singapura. Pesawat semestinya mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 15.10 WIB.

5. Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 879 Rute Incheon/Seoul - CGK harus dialihkan ke Palembang. Semestinya pesawat mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 15.33 WIB.

6. Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA713 Rute Sydney - CGK harus dialihkan ke YIA. Seharusnya pesawat mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 16.00 WIB.

7. Lion Air dengan nomor penerbangan LNI637 Rute Bengkulu - CGK harus dialihkan ke Palembang. Pesawat dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 16.22 WIB.

Editor


Komentar
Banner
Banner