Kebakaran TPA Rawa Kucing

Pemkot Tangerang Gunakan Drone Thermal, Sisir Titik Api Kebakaran TPA Rawa Kucing

Pemerintah Kota Tangerang berencana akan menindaklanjuti rekomendasi BNPB untuk menggunakan drone thermal untuk mengatasi kebakaran di TPA Rawa Kucing di Kota T

Featured-Image
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama tim dari KLHK meninjau penanganan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawakucing. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Tangerang berencana akan menindaklanjuti rekomendasi BNPB untuk menggunakan drone thermal untuk mengatasi kebakaran di TPA Rawa Kucing di Kota Tangerang, Banten.

Penggunaan drone thermal tersebut dilakukan untuk memetakan dan mengindentifikasi titik-titik kandungan gas metan dari tumpukan sampah.

"Kalau dilihat dari permukaan memang api sudah tidak terlihat, tinggal titik-titik kepulan asap," katanya melalui keterangan resmi, Selasa (24/10).

Baca Juga: BPBD Tangerang Targetkan Pemadaman TPA Rawa Kucing Tuntas 5 Hari

Langkah tersebut merupakan sebagai upaya terobosan untuk memadamkan kebakaran TPA Rawa Kucing yang terjadi sejak Jumat (20/10).

Adapun selama proses pemadaman yang sudah dilakukan, tim gabungan menilai masih terdapat titik-titik api yang sulit dipadamkan secara total.

Baca Juga: BPBD Gunakan Dua Metode Jinakkan Api di TPA Rawa Kucing Tangerang

Hal itu disebabkan karena kebaradaan gas metan di bawah tumpukan gunungan sampah yang sulit diidentifikasi. Kondisi tersebut menyebabkan pemadaman di TPA Rawa Kucing mengalami kendala.

“Setelah dilihat dari pengamatan udara tadi kepulan asap masih sangat pekat, jadi kita telah mendapat informasi bahwa akan ada penambahan dari BNPB terkait satu unit helikopter water bombing lagi,” lanjutnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner