News

Pemkot Bekasi akan Resmikan Makam M. Hasibuan yang Sempat Terlantar

Mayor Madnuin Hasibuan atau yang asing di telingan masyarakat Bekasi M. Hasibuan, di makamkan di belakang Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi

Featured-Image
Makam M Hasibuan pahlawan Bekasi di Jalan Veteran, Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi (apahabar.com/Arya Putra)

bakabar.com, BEKASI - Mayor Madnuin Hasibuan, Pahlawan Bekasi yang akrab di telinga warga sebagai M. Hasibuan, di makamkan di belakang Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi.

Makam M.Hasibuan yang ditemukan oleh salah satu pegiat sejarah Beny Rusmawan pada Juli 2021 sempat tidak diurus oleh Pemerintah setempat. Namun belakangan dilakukan pemugaran yang dimulai pada awal Desember 2022.

"Setelah penemuan itu, kita menghadap dua kali ke PLT Wali kota Bekasi, akhirnya baru direnovasi awal Desember kemarin," ucap Beny saat dihubungi bakabar.com, Kamis (12/01).

Baca Juga: Romantis, Pahlawan Bekasi M.Hasibuan Minta Dimakamkan di Samping Istrinya

Meski proses pemugaran makam sudah selesai hingga saat ini peresmian makam belum dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Beny menyebut bahwa peresmian akan dilaksanakan pada 17 Februari 2023.

"Rencananya akan diresmikan bulan depan Februari tanggal 17," kata Beny.

Dirinya menambahkan peresmian makam M.Hasibuan akan dihadiri PLT Walikota Bekasi Tri Adhianto dan perwakilan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL).

Baca Juga: Jejak Sunyi Mayor M. Hasibuan sang Pahlawan Bekasi

Dalam peresmian makam M.Hasibuan rencananya TNI AL akan menaruh pelindung kepala sebagai simbol penghormatan terakhirnya kepada pahlawan Bekasi itu.

"Nanti dari AL mau naruh Helm Baja di makam," ujar Beny.

Makam M.Hasibuan kini sudah tampak lebih baik setelah pemudagaran. Makam awalnya hanya diberi keramik sebagai pembatas kini sudah dilapisi dengan batu marmer dan ditancapkan bendera merah putih.

Baca Juga: Hari Pahlawan: Puluhan Komunitas Kompak Donor Darah di Banjarmasin dan Martapura

M. Hasibuan Semasa bertugas sebagai tentara pernah memimpin Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Laut yang bertempur di perbatasan Jakarta Timur hingga Bekasi.

Selain itu, ia juga berjuang bersama KH Noer Ali memimpin pasukan dalam pertempuran Sasak Kapuk melawan sekutu pada 29 November 1945.

Menghormati perjuangannya untuk bangsa, kini Alun-Alun Kota Bekasi mengabadikan namanya sebagai Alun-Alun M Hasibuan yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada 21 Februari 2022 lalu.

Editor


Komentar
Banner
Banner