Wisata Pulau Kumala

Pemkab Kukar Bangun Daya Tarik Wisata Baru di Pulau Kumala

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), terus berupaya untuk membangkitkan kembali daya tarik wisatawan di Pulau Kumala.

Featured-Image
Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), terus berupaya untuk membangkitkan kembali daya tarik wisatawan di Pulau Kumala.

Pulau yang menjadi ikon wisata Kota Tenggarong ini memang sudah lama meredup, semenjak wahana andalan di pulau yang membelah Sungai Mahakam itu tak lagi beroperasi.

Wahana paling diminati di Pulau Kumala pada masa jayanya adalah Kereta Gantung dan Sky Tower. Kini Pemkab Kukar berencana membangun daya tarik baru di pulau tersebut.

Baca Juga: Tekan Inflasi Disperindag Kukar Gelar Pasar Murah Selama 2 Hari

Bahkan Pemkab Kukar telah mengalokasikan anggaran senilai Rp8 Miliar untuk menambah wahana permainan, hingga peningkatan fasilitas. Salah satu wahana permainan yang tengah dibangun yakni waterboom, yang pengerjaannya sudah mencapai 30-40 persen.

"Alhamdulillah saat ini pengerjaan waterboom terus berproses. Untuk seluncurannya masih dalam proses pengiriman," ucap Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.

Wahana permainan waterboom di Pulau Kumala terletak tepat di bagian tengah, tidak jauh dari lokasi gokart. Selain mempersiapkan waterboom, tentunya juga akan dibangun benerapa ornamen tambahan yang akan menambah nilai estetika di Pulau Kumala.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Pembangunan waterboom sendiri ditargetkan bakal rampung pada akhir tahun ini, hal tersebut disampaikan langsung oleh Rendra Solihin.

"Kita targetnya tahun ini rampung, dengan harapan tentunya langsung bisa dibuka untuk umum," begitu katanya.

Rendi menambahkan pihaknya juga masih akan melakukan pengembangan pada tahun 2024 mendatang. Setelah waterboom rampung, rencananya di kawasan tersebut akan ada juga wahana kolam gelombang.

"Pengembangan akan tetap dilakukan, di mana kolam gelombang bakal ditambah di tahun depan," imbuhnya.

Baca Juga: Inovatif, Petani dan Nelayan Bisa Ajukan Kredit Kukar Idaman

Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadi Raharjo menambahkan, waterboom akan menjadi citra baru di Pulau Kumala. Ia berharap wisatawan kembali ramai datang ke Pulau Kumala, sehingga menggerek pendapatan asli daerah.

"Silahkan teman-teman media untuk main-main ke sana, melihat langsung situasi di sana. Ini sekarang terus berproses, doakan semuanya berjalan lancar dan selesai tepat waktu," ujar Slamet. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner