Pemkab HSS

Pemkab HSS Salurkan Bantuan PRS dan UEP APBD-P 2022 Wilayah Tiga Daha

Pemkab HSS menyalurkan bantuan Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) 2022 untuk wilayah tiga Daha.

Featured-Image
Bupati HSS menyerahkan bantuan PRS kepada masyarakat Daha. Foto: Prokopim Setda HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) melalui dinas sosial setepat kembali menyalurkan bantuan Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) 2022 untuk wilayah Kecamatan Daha Selatan, Daha Utara dan Daha.

Penyaluran bantuan tersebut untuk ketiga kalinya di tahun ini dan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2022.

Bupati HSS Achmad Fikry bersama jajaran Pemkab HSS menyerahkan langsung bantuan sosial untuk masyarakat atau keluarga penerima manfaat (KPM) di Aula Kecamatan Daha Selatan.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan bantuan sosial PRS merupakan program lanjutan yang dimulai sejak 2014 sampai sekarang, termasuk bantuan modal UEP.

"Tinggal 10 bulan lagi, mudah-mudahan nantinya masih ada rumah yang akan diperbaiki sampai akhir jabatan kami sebagai Bupati HSS," kata Bupati Achmad Fikry.

Bupati dua periode ini berharap pada APBD tahun 2023 jika masih memungkinkan bagi yang belum mendapatkan bantuan akan bisa menerima giliran perbaikan rumah.

"Mudah-mudahan dengan program ini rakyat kita juga bisa menikmati rumah yang layak huni, filosofinya adalah kalau pemimpinnya bisa menikmati rumah dinas maka rakyatnya juga berhak mendapatkan rumah layak huni," ungkap Bupati HSS.

Sedangkan untuk bantuan UEP, Bupati Achmad Fikry ingin KPM memunculkan kemandirian sehingga dari usahanya tersebut diharapkan bisa berkembang serta ekonomi menjadi lebih baik.

Suatu saat KPM bisa terus menambah modal dengan mengelola usaha maupun modal secara maksimal atau sebaik-baiknya.

"Pastikan makanan yang dijual itu sehat. Jangan pernah mengurangi rasa, dan jangan menggunakan zat-zat yang dilarang, karena itu akan merusak citra usaha kita," pesannya.

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah menjelaskan bahwa sejak tahun 2014 sampai dengan 2022 pada anggaran murni untuk program rumah sejahtera (PRS) berjumlah 5.574 buah dengan jumlah dana Rp79.958.568.000 yang tersebar di 11 kecamatan.

Sementara untuk program PRS HSS total penerima sebanyak 262 orang KPM dengan jumlah anggaran sebesar Rp4.585.000.000 yang masing-masing menerima Rp17.500.000.

Kecamatan Daha Selatan tercatat penerima program PRS sebanyak 23 orang KPM dengan jumlah anggaran sebesar Rp402.500.000, Daha Utara sebanyak 22 orang dengan anggaran sebesar Rp385.000.000, serta Daha Barat penerima PRS sebanyak 23 orang dengan jumlah anggaran Rp402.500.000.

Berdasarkan data bantuan UEP, jumlah penerima seluruh HSS berjumlah 116 KPM dengan bantuan dana sebesar Rp338.000.000 yang diberikan maksimal Rp3 juta.

Khusus Kecamatan Daha Selatan sebanyak 7 orang KPM dengan jumlah anggaran Rp21 juta. Jenis usahanya yakni warung mie, penjual makanan ringan, pedagang pentol, dan bengkel sepeda motor. 

Kecamatan Daha Utara berjumlah 2 KPM dengan jumlah anggaran sebanyak Rp4,3 juta dengan jenis dagangan warung mie dan jualan sate. Kemudian wilayah Daha Barat penerima UEP sebanyak 9 orang KPM dengan jumlah anggaran Rp27 juta dengan jenis usaha warung makanan dan minuman.

Editor
Komentar
Banner
Banner