Arus Balik 2023

Pemilir Arus Balik di Terminal Pulogebang Meningkat 200 Persen

Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur mencatat lonjakan pemilir mencapai 200 persen yang berdatangan dari sejumlah daerah usai mudik Lebaran 2023.

Featured-Image
Kepala Unit Pengelola Terminal Terpadu Pulogebang, Emanuel Kristanto saat ditemui di Terminal Kedatangan (Foto: apahabar.com/Juned Rodo)

bakabar.com, JAKARTA - Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur mencatat lonjakan pemilir mencapai 200 persen yang berdatangan dari sejumlah daerah usai mudik Lebaran 2023.

Kepala Unit Pengelola (UP) Terminal Terpadu Pulogebang, Emanuel Kristanto mengungkapkan Terminal Pulogebang mengalami peningkatan signifikan memasuki H+4 Lebaran.

"Situasi penumpang arus balik, khususnya dari timur ke Jakarta cukup signifikan. Kalo kita banding dengan hari-hati biasa ada peningkatan sekitar 200 persen jumlah penumpang," kata Emanuel di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta, Rabu (26/4).

Baca Juga: Mayoritas Pemudik di Terminal Pulogebang Bertolak ke Pulau Sumatera

Ia menjelaskan bahwa angka tersebut merujuk pada data kedatangan pemilir dari beberapa hari sebelumnya.

Para pemudik yang tiba di Terminal terbesar se-Asia Tenggara itu mayoritas merupakan asal daerah dari wilayah Jawa Tengah.

"Dari kemaren itu ada diangka 1.500an itu udah peningkatan cukup lumayan, karena peningkatannya biasa sekitar 600-700an rata-rata penumpang yang tiba," jelasnya.

"Dari Jawa Tengah, Jawa Timur kemudian Jogjakarta dan beberapa daerah di Sumatera yaitu Lampung dan sekitar palembang," lanjut Emanuel.

Baca Juga: H-2 Lebaran, Jumlah Pemudik via Terminal Pulogebang Menurun

Meski demikian, diperkirakan jumlah penumpang akan terus meroket di Terminal Pulogebang pada puncak arus balik yang diprediksi bakal terjadi pada akhir pekan ini.

"Kalo puncak arus balik kami perkirakan ada di akhir pekan ini. Bisa dari hari Jumat, Sabtu atau Minggu," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner