Arus Balik 2023

Mayoritas Pemudik di Terminal Pulogebang Bertolak ke Pulau Sumatera

Para pemudik masih memadati Terminal Pulogebang, Jakarta Timur untuk pulang ke kampung halaman dengan tujuan mayoritas menuju Pulau Sumatera pada H+2 Lebaran

Featured-Image
Situasi Terminal Kedatangan Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Senin (24/4). (Foto: apahabar.com/Juned Rodo)

bakabar.com, JAKARTA - Para pemudik masih memadati Terminal Pulogebang, Jakarta Timur untuk pulang ke kampung halaman dengan tujuan mayoritas menuju Pulau Sumatera pada H+2 Lebaran 2023, Senin (24/4).

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Operasional dan Kemitraan Terminal Pulogebang, Hendra Kurniawan mengakui bahwa mayoritas pemudik H+2 Lebaran didominasi keberangkatan menuju pulau Sumatera.

"Terbanyak di h+2 ini sih penumpang tujuan Pulau Sumatera ya. Bahkan hingga saat ini sudah diangka 500-an penumpang yang berangkat," kata Hendra saat ditemui di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta (24/4).

Baca Juga: Puncak Arus Balik di Terminal Pulogebang Diprediksi Bakal Terjadi Besok

Hendra menerangkan lonjakan pemudik dengan tujuan Pulau Sumatera itu tidak seramai dengan perjalanan momen arus mudik transJawa.

Ia memprediksikan terjadi lonjakan penumpang tujuan Pulau Sumatera setelah perayaan Hari Raya Lebaran 2023 lantaran para pemudik masih berdagang di Jakarta saat momen Lebaran.

"Dikarenakan daerah pemudik yang ada di Jakarta ke Sumatera mencari rezekinya itu pada saat hari lebaran, jadi mereka baru sempat pulang kampung di hari-hari sekarang," ujarnya.

Baca Juga: Kenaikan Harga Tiket Bus Jelang Lebaran di Terminal Pulogebang Dianggap Wajar

"Ya mungkin itu baik pedagang. Karena rame pengunjung, rame pembeli gitu kan, jadi ya mungkin karena momennya lagi ramai jadi lebih milih untuk berdagang dulu," sambung dia.

Terminal Terpadu Pulogebang, lanjut dia, belum mengalami lonjakan penumpang kedatangan yang signifikan. Setidaknya terhimpun data penumpang kedatangan saat ini masih belum mendekati angka seribu penumpang.

Ia memperkirakan bahwa Terminal Terpadu Pulogebang akan mulai mengalami peningkatan jumlah penumpang kedatangan yakni pada Selasa (25/4) esok hari.

"Khusus untuk arus balik atau kita biasa bilang kedatangan itu masih terbilang cukup landai di bawah 1.000 penumpang. Dari luar daerah itu rata-rata di atas tanggal 25 atau 26 itu sudah mulai ada yang berdatangan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner