News

H-2 Lebaran, Jumlah Pemudik via Terminal Pulogebang Menurun

Terminal Terpadu Pulogebang mencatatkan jumlah penumpang keberangkatan yang fluktuatif. Penumpang didominasi keberangkatan tujuan Sumatera.

Featured-Image
Suasana Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur saat Masa Mudik Lebaran 2023 (Dok Juned Rodo)

bakabar.com, JAKARTA - Terminal Terpadu Pulogebang mencatatkan jumlah penumpang keberangkatan yang melakukan perjalanan ke kampung halaman pada mudik lebaran 2023 mencapai 1.415 penumpang.

"H-2 tercatat di hari ini dari pukul 00.00 WIB sampai 14.00 WIB siang ini tercatat keberangkatan ada 1.415 penumpang dengan jumlah kendaraan ada 109 bus," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Pulogebang, Hendra kepada bakabar.com di Jakarta, Kamis (20/4).

Jumlah penumpang yang masuk katagori keberangkatan pagi masih didominasi oleh bus dengan tujuan Sumatera.

Baca Juga: Senangnya Pemudik Nginap Belasan Ribu Rupiah di Terminal Pulogebang 

Sementara untuk penumpang dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur mayoritas berangkat pada sore hingga malam hari.

"Memang tipikal ya, dari pagi hingga siang hari ini memang rata-rata di dominasi dengan perjalanan ke Sumatera," jelasnya.

"Kalau ke Pulau Sumatera itu, Sumatera Barat yang paling tinggi. Kemudian Pekan Baru, Bengkulu, Palembang, Medan, Aceh. Bahkan Aceh sampai saat ini masih berlangsung," tutur Hendra.

Baca Juga: Penginapan Murah Terminal Pulogebang, Syaratnya: Punya Tiket

Ketika dikonfirmasi mengenai puncak arus mudik, Kasatpel Terminal Pulogebang itu menyatakan bahwa pihaknya belum dapat memastikannya. Namun berdasarkan data awal keberangkatan pada hari ini, sudah menggambarkan puncak arus mudik.

Sebab secara pembandingan keberangkatan penumpang mudik melalui Terminal Pulogebang, masih relatif sedikit jika disandingkan dengan data keberangkatan pada hari-hari sebelumnya.

"Belum tentu puncaknya. Bisa jadi sama, bisa jadi lebih tinggi dari kemarin. Karena kan memang tercatat kemarin ada keberangkatan total 3.500 penumpang," ujar Hendra.

Baca Juga: H-8 Lebaran, Terminal Pulogebang Catatkan penumpang Capai 1.400

Perlu diketahui sebelumnya, data keberangkatan penumpang mudik yang melakukan perjalanan melalui Terminal Terpadu Pulogebang dalam beberapa hari terakhir ini bersifat fluktuatif.

Ia mencontohkan pada tanggal 16 April 2023, jumlah pemudik melalui Terminal Pulogebang mencapai 3.251. Sementara di hari selanjutnya atau tepatnya tanggal 17 April jumlah penumpang mengalami kemerosotan. Hanya 2.703 penumpang yang berangkat.

Sementara itu, pada H-3 lebaran atau ditanggal 18 April jumlah penumpang keberangkatan melalui Terminal Pulogebang membludak. Bahkan lonjakannya itu hingga berkali-kali lipat. Jumlah totalnya saat itu 8.064 penumpang.

Selanjutnya tanggal 19 April 2023, jumlah keberangkatan 3.503 penumpang. Angka tersebut pun masih di atas jumlah penumpang keberangkatan pada H-4 atau di tanggal 17 April 2023.

Editor


Komentar
Banner
Banner