Komoditas Udang

Pemerintah Targetkan Tahun 2024 Nilai Ekspor Udang Naik 250 Persen

Melihat potensi besar komoditas udang, pemerintah pastikan target 2024 tercapai

Featured-Image
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan target untuk ekspor udang dalam negeri naik 250 persen pada 2024.

Udang menjadi salah satu komoditas akuakultur yang memiliki komposisi besar dalam kegiatan ekspor perikanan dalam negeri.

“Komposisi ekspornya mencapai USD 2,2 miliar pada tahun 2021," ujarnya dalam National Shrimp Action Forum secara virtual, Rabu (26/10).

Baca Juga: Produksi Akuakultur Tempati Posisi Kedua Dunia, Luhut: Dapat Antisipasi Ketidakpastian Global

Nilai tersebut menjadikan udang sebagai komoditas strategis yang paling utama dan perlu mendapat dukungan dari berbagai aspek.

Karena itu diperlukan adanya pemberian dukungan dari aspek infrastruktur, perkembangan pada ekosistem dunia usaha, sampai dengan investasi.

“Pemerintah secara konsisten mendorong akselerasi produksi udang untuk mencapai target 2 juta ton pada akhir 2024,” kata Luhut.

Target tersebut sangat penting dicapai dengan tujuan untuk menjadikan Indonesia masuk ke dalam salah satu lima peringkat negara eksportir perikanan terbesar di dunia.

Baca Juga: Soal Pendanaan Startup, Banyak yang Keliru dengan Cara Kerjanya

Luhut menambahkan nilai kapitaliasasi perikanan dunia saat ini sudah mencapai USD25 miliar. Indonesia baru mencakup sebesar 10 persen dari nilai kapitalisasi tersebut.

“Untuk mencapainya, Indonesia akan mengahadapi persaingan pasar udang, dari negara seperti Ekuador, Thailand, Vietnam, dan India,” ucap Luhut.

Karena itu, kata Luhut, Indonesia perlu berpikir kreatif, inovatif dan berantisipasi cepat, untuk meningkatkan produksi udang dalam negeri.

Pemerintah saat ini tengah mengupayakan pengembangan produksi komoditas udang dari hilir hingga ke hulu.

“Upaya ini sudah tentu bukan barang mudah tapi bukan sesuatu yang tidak mungkin kita capai,” tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner