Hot Borneo

Pembakaran Lahan di Kapuas Timur, Polisi Buru Pelaku

Kebakaran lahan terjadi di Jalan Trans Kalimantan KM 8 Handil Habib Desa Anjir Serapat Baru, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kalteng, Minggu (24/6/202

Featured-Image
Tim Satgas Karhutla Kapuas saat melakukan pemadaman kebakaran lahan di Kecamatan Kapuas Timur. Foto-BPBD Kapuas

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Kebakaran lahan terjadi di Jalan Trans Kalimantan KM 8 Handil Habib Desa Anjir Serapat Baru, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kalteng, Minggu (25/6/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga, mengatakan tim Satgas Posko Karhutla bersama dengan personel pemadam lainnya melaksanakan pemadaman kebakaran lahan di Handil Habib dari mulai pukul 08.40 WIB.

"Kemarin sore sebenarnya sudah dipadamkan apinya, tapi hari ini berulang lagi sehingga kita lakukan pemadaman dari mulai pukul 08.40 Wib," katanya, Minggu (25/6/2023) malam.

Menurut Panahatan luasan lahan yang terbakar sekitar 5 hektar. Pemadaman api dilakukan dengan menurunkan 4 unit kendaraan roda empat, 12 unit kendaraan roda dua, 6 unit mesin pemadam portabel dan 1 unit ambulance PSC 119.

Karena terkendala jauhnya jarak titip api ke sumber air, sehingga Posko Karhutla pun kembali mengirimkan personel dan peralatan ke lokasi kejadian pada pukul 15.12 WIB.

"Pemadaman kita lakukan sampai pukul 17.18 WIB kondisi api padam. Selanjutnya pada pukul 17.50 WIB Tim Satgas Karhutla kembali ke posko," beber Panahatan.

Ditanya terkait penyebab kebakaran. Panahatan bilang diduga sengaja dibakar karena lahannya masih basah. Pelakunya pun masih dilakukan pencarian.

"Masih dicari pelakunya, itu dibakar karena lahannya masih basah," pungkas Panahatan Sinaga. 

Editor


Komentar
Banner
Banner