Tak Berkategori

Pelatihan Furniture Bahan Lokal untuk IKM HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Pelatihan Furniture Berbasis Sumber Daya Lokal Kayu Kelapa bagi IKM Meubel di HSS…

Featured-Image
Wakil Bupati HSS menyerahkan Perlengkapan peserta secara simbolis, kepada dua orang perwakilan peserta pelatihan. Foto-Humas Pemkab HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Pelatihan Furniture Berbasis Sumber Daya Lokal Kayu Kelapa bagi IKM Meubel di HSS dibuka Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad S.AP,MA.

Sebanyak 20 orang mengikuti kegiatan Pelatihan Furnituredi Aula Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten HSS.

Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, menuturkan Pemkab HSS sangat menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini.

“Ini sebagai penyemangat kami untuk membuka lapangan kerja di HSS. Apalagi angkatan tenaga kerja di HSS terbilang tinggi. Ini merupakan salah satu bagian dari misi dan visi," katanya.

Wabup Syamsuri Arsyad berharap, kegiatan seperti ini bisa menjadi bagian dari icon di HSS. Karena sebagian besar batang kelapa di HSS terbawa keluar.

“Dengan kegiatan ini kita bisa mengolahnya sendiri. Yang paling penting dari ini semua adalah pemasarannya. Jangan sampai setelah menghasilkan, tetapi tidak ada pembelinya. Apalagi di daerah kita ini sumberdaya kelapa sangat berlimpah,” tuturnya.

Kepada peserta pelatihan agar bisa mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya dan seksama, banyak berdiskusi dengan instruktur apa yang harus dilakukan.

"Sekarang kualitas harus di kedepankan, disamping desain yang memang harus mengikuti perkembangan jaman", kata Wabup.

Kasi Industri Hasil Industri Perkebunan, Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan, Ir Sahatan Manurung MP menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk menghidupkan kembali IKM Meubel Kayu yang sudah bergeser ke Meubel Aluminium dan memanfaatkan bahan baku alternative selain kayu yang berasal dari hutan alam dengan memanfaatkan kayu kelapa/kayu rakyat.

“Hasil yang diharapkan tumbuh kembali IKM Meubel Kayu dan pelaku IKM Meubel Kayu terbuka wawasan dalam berkreasi menghasilkan produk kayu/furniture yang berdaya saing,” pungkasnya.

Baca Juga: Bupati Sampaikan KUA dan PPAS Perubahan Anggaran 2019

Baca Juga: Program Baru HSS, Pejabat Asuh Lansia

Baca Juga: Bus Sekolah Gratis Jurusan Bangkau Resmi Beroperasi

Baca Juga:Bakti Sosial Kodim 1003, Kursi Roda Untuk Lansia Hingga Potong Rambut Gratis

Reporter: Simah
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner