Tak Berkategori

Pelantikan Relawan Demokrasi, Danang: Khawatir Partisipasi Pemilih di Tabalong Rendah

apahabar.com, TANJUNG – 55 Relawan Demokrasi resmi dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabalong, di Gedung…

Featured-Image
Relawan Demokrasi menerima materi yang disampaikan oleh satu narasumber. Foto-apahabar.com/Arif Nur Budiman

bakabar.com, TANJUNG – 55 Relawan Demokrasi resmi dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabalong, di Gedung Pusat Informasi Pembangunan, kabupaten setempat, Minggu (20/01/2019) pagi.

Danang Julianto salah satu Relawan Demokrasi yang baru saja dilantik kepada bakabar.com, mengatakan motivasinya menjadi Relawan Demokrasi adalah karena adanya kekhawatiran akan tingkat partisipasi masyarakat yang dipandangnya masih sangat rendah.

Terutama untuk masyarakat yang tinggal di pedesaan atau perkampungan yang jauh dari ibu kota Kabupaten Tabalong.

"Kadang mereka yang berkesibukan di kebun. Di pertanian itu mereka kemungkinan pada saat hari H pemilu partisipasi mereka sangat rendah. Maka dari itu, kami berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi mereka dan mengajak mereka untuk datang ke TPS untuk mencoblos, agar pelaksanaan pemilu sukses," ungkap Danang.

Baca Juga:Hari Ini, Wali Kota Banjarmasin Jamu Sejumlah Pimpinan Daerah Tetangga

Sebelumnya, pada saat rekrutmen pihak KPU Tabalong sendiri telah mensosialisasikan, bahwa untuk Relawan Demokrasi nantinya akan dibagi ke dalam sepuluh basis pemilih.

Dari sepuluh basis tersebut, Danang lebih memilih basis pemilih warga internet. Menurutnya, pengaruh internet dalam hal ini pengguna sosial media akan sangat efektif dalam menyampaikan suatu informasi, termasuk informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan pemilu 2019.

"Kita bisa liat dari sektor lain, contohnya untuk destinasi wisata di Tabalong terkenal berkat pengaruh internet. Itu membuktikan pengaruh internet terutama media sosial di Tabalong sangat tinggi," ujar Danang.

Kedepannya dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Relawan Demokrasi, Danang berniat ingin membuat infografis maupun meme yang berhubungan dengan pelaksanaan pemilu 2019.

"Tujuannya adalah sebagai media promosi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dan fokus saya ke depannya menggunakan jejaring sosial Facebook dan Instagram," ungkap Danang pria yang sehari harinya bekerja sebagai guru honorer ini.

Selanjutnya pasca pelantikan Relawan Demokrasi, Komisioner KPU Tabalong Leading Sektor Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Cicik Agus Sulistiani mengungkapkan, seandainya dalam perjalannya Relawan Demokrasi terbukti ada yang melakukan pelanggaran terhadap aturan aturan ada, maka pihak yang akan melakukan peninjauan kembali terhadap SK pelantikan tersebut dan yang bersangkutan akan digantikan oleh PAW di bawahnya.

"Kita berharap ini tidak terjadi, karena kita sudah melakukan rekrutmen secara selektif. Namun segala kemungkinan bisa saja terjadi," kata Cicik.

Baca Juga: Pohon Tumbang di Tapin, Ruas Jalan Rantau-Piani Kembali Dibuka

Reporter: Arif Nur Budiman
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner