Pemilu 2024

PDIP Merekrut Akademisi untuk Meningkatkan Kualitas Anggota Dewan

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftarkan Bakal Calon Anggota DPR di Kantor KPU pada Selasa (11/5). Sebagian besar merupakan akademisi.

Featured-Image
Harto Kristiyanto menyampaikan caleg PDIP. (Foto: apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftarkan Bakal Calon Anggota DPR di Kantor KPU pada Kamis (11/5).

"PDIP perjuangan meski tidak mengerahkan massa, pada hari ini secara serentak kami mendaftarkan Bakal Calon Anggota Legistlatif dari tingkat kabupaten kota/Provinsi dan nasional," ujar Sekretaris Jendral PDIP, Hasto Kristiyanto di kantor KPU, Kamis (11/5).

Ia berkata daftar calon tersebut telah bedasarkan ketentuan KPU dan akan diverifikasi secara administratif kemudian diuji kebenarannya.

"Seluruh proses penerapan bakal calon telah dilakukan dengan seksama secara demokratis dan terbuka yang terjaring dari tokoh-tokoh masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: Hasto Ungkap Alasan PDI-P Tetap Pakai Nomor 3 dalam Pemilu 2024

Proses penjaringan caleg itu dilakukan dengan mengedepankan aspek kekaderan kompetensi dengan sistem yang proposional.

"Dari 580 caleg, 380 caleg perempuan atau 33 persen. PDIP juga telah merekrut kalangan akademisi Ada sekitar 73 orang guna meningkatkan kualitas anggota dewan," imbuhnya.

Baca Juga: PDIP Targetkan Ganjar Raih 65 Persen di Jatim, Pakar Nilai Tidak Realistis

Lebih lanjut, ada 17 orang dari TNI Polri Purnawirawan, Budayawan, Seniman dan artis 14 orang.

PDIP juga melakukan kaderisasi secara sistemik yang mana dari kalangan muda dibawah 45 tahun terdiri dari 48 persen.

"Sesuai instruksi Ibu Megawati, bapak Djarot Saiful Hidayat untuk memberi pembekalan terhadap calon caleg agar siap sebaik-baiknya," pungkasnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner