News

Pawai Obor Warnai Kampung-Kampung Balikpapan Sambut Ramadan 2022

apahabar.com, BALIKPAPAN – Menyambut bulan suci Ramadan 1443 hijriah, pawai obor menjadi salah satu aktivitas favorit…

Featured-Image
Sudah dua tahun lamanya warga di Balikpapan khususnya di kawasan utara Kota Minyak tak menggelar tradisi pawai obor. Foto-foto: Ahmad Riyadi

bakabar.com, BALIKPAPAN – Menyambut bulan suci Ramadan 1443 hijriah, pawai obor menjadi salah satu aktivitas favorit warga di Balikpapan.

Kegiatan ini selalu ditunggu-tunggu oleh warga lantaran diadakan hanya setahun sekali alias setiap menjelang bulan Ramadan.

Seperti yang dilakukan warga kawasan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara. Bahkan hampir satu kampung yang dilibatkan dalam pawai obor.

img

Pantauan bakabar.com, mereka kompak menggunakan peralatan sederhana berkeliling membawa obor sembari melantunkan salawat.

“Kalau di tempat kami baru ini mengadakan pawai obor, karena kemarin kan masih pandemi. Tahun ini coba kami gelar,” kata Sabir, warga Gunung Samarinda.

Ide tersebut tercetus melihat antusias warga sekitar khususnya para remaja dan anak-anak yang sudah lama tidak melihat pawai obor. Alhasil pasca-ditetapkannya bulan puasa pada 3 April 2022, warga langsung mempersiapkan bahan-bahan untuk pawai obor.

“Sebenarnya ini cukup dadakan sih, tapi alhamdulillah banyak yang mau ikut dan seru juga,” tuturnya.

Pawai obor tidak hanya di kawasan Gunung Samarinda saja. Di RT 72, Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara, warga juga menggelar. Meski tak seramai di Gunung Samarinda, namun warga Perumahan Bukit Batuah tak kalah antusiasnya.

“Biar seru dan membangun motivasi anak-anak sini untuk menjalani bulan suci ramadan, karena ini baru pertama kalinya juga,” ujar Bambang, warga RT 72.

Melihat Tarawih Perdana di Masjid Terbesar Kalsel, Penuh-Sesak hingga 20 Rakaat



Komentar
Banner
Banner