Hot Borneo

Sepanjang 2022, 4 Nyawa Melayang Akibat Kebakaran di Balikpapan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan mencatat sebanyak 45 peristiwa kebakaran pemukiman yang terjadi selama tahun 2022 ini.

Featured-Image
Lokasi kebakaran di Jalan Soekarno Hatta KM 2, Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara yang memakan 4 korban jiwa. apahabar.com/dok

bakabar.com, BALIKPAPAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), mencatat sebanyak 45 peristiwa kebakaran pemukiman sepanjang tahun 2022 ini. Terbanyak adalah di wilayah Balikpapan Barat.

Dari data yang dipaparkan BPBD Kota Balikpapan, 45 kejadian kebakaran tersebut memakan 4 korban jiwa yang melayang. Yakni peristiwa kebakaran ruko dan outlet makanan cepat saji di Jalan Soekarno Hatta KM 2, RT 13 Kelurahan Muara Rapak, Kecamatan Balikpapan Utara.

“Korban jiwa ada 4, yang kebakaran di dekat Paldam pada Maret 2022 lalu,” kata Kepala BPBD Kota Balikpapan, Silvia Rahmadina dikonfirmasi pada Senin (26/12).

Angka peristiwa kebakaran tersebut terbilang menurun dibandingkan kejadian di tahun 2021 lalu yang tercatat, 48 kasus dan 1 korban jiwa saat kebakaran di Gunung Bugis, Balikpapan Barat.

“Perkiraan kerugian dan kerusakan selama tahun 2022 kurang lebih Rp22.093.000.000,” ungkapnya.

Silvia mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap musibah kebakaran. Terutama dalam meninggalkan rumah untuk selalu memperhatikan kondisi kompor, kabel maupun lainnya yang berpotensi menimbulkan kebakaran.

“Selalu cek rumah sebelum ditinggal pergi. Kabelnya diperhatikan dan jangan meninggalkan rumah dalam kondisi listrik masih menyala,” imbaunya.

Baca Juga: Terkuak, Motif Pembunuhan Kakak Ipar di Sungai Andai Banjarmasin

Editor


Komentar
Banner
Banner