Bom Astana Anyar

Pascabom Bunuh Diri Astana Anyar, Pintu Masuk Pulau Bali Diperketat!

Pascabom bom bunuh diri di Kantor Polsek Astana Anyar, Polda Bali bereaksi dengan meningkatkan pengamanan di seluruh wilayah Pulau Dewata.

Featured-Image
Ilustrasi pengamanan pintu masuk Pulau Bali di Pelabuhan Gilimanuk yang dilakukan oleh aparat. (Foto: Detik.com)

bakabar.com. DENPASAR - Pascabom bom bunuh diri di Kantor Polsek Astana Anyar, Polda Bali bereaksi dengan meningkatkan pengamanan di seluruh wilayah Pulau Dewata.

"Pengetatan keamanan juga dilakukan di jajaran Polda, Polres dan Polsek dengan adanya kejadian bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung. Juga lebih ditingkatkan dalam pengamanan terutama bagi masyarakat yang masuk ke Mako dan sekarang masih pelaksanaan operasi Cipta Kondisi," ucap Kabid Humas Polda Bali, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto, Kamis (8/12).

Polda Bali juga tengah melakukan pengetatan di sejumlah wilayah terutama di pintu masuk Pulau Bali.

Beberapa di antaranya yakni Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, pelabuhan laut di Padang Bai di Kabupaten Karangasem, pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembrana, Pelabuhan Benoa di Denpasar dan Celukan Bawang di Kabupaten Buleleng.

"Penjagaan Polda, Polres dan Polsek dan jajaran dengan adanya kejadian bom bunuh diri di polsek Astana Anyar Bandung tersebut lebih ditingkatkan dalam pengamanan terutama bagi masyarakat yang masuk ke mako," katanya.

Lebih lanjut, kata Stefanus, pengamanan jalur pintu masuk ke Bali dalam hal ini pelabuhan, bandara dan terminal lebih ditingkatkan terkait pengawasan terhadap orang-orang yang datang dan juga barang bawaannya akan dilakukan pemeriksaanan," imbuhnya.

Saat ini sejumlah personel Polda Bali juga tengah melaksanakan Operasi Gapura Agung XVI-2022 dari tanggal 4-9 Desember 2022. Para personel akan mengamankan sejumlah kegiatan internasional yang akan digelar di Bali.

Operasi pengamanan mengedepankan kegiatan preventif yang didukung kegiatan intelijen dan fungsi kepolisian lainnya, serta dibantu instansi terkait dan komponen masyarakat lainnya guna menjamin keamanan seluruh rangkaian kegiatan event ineternasional.

Seperti diketahui Bali sudah dua kali jadi sasaran bom bunuh diri yakni pada malam hari tanggal 12 Oktober 2002. Waktu itu ledakan pertama terjadi di Paddy's Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian, Kuta, Bali.

Ledakan juga terjadi di dekat kantor Konsulat Jenderal Amerika Serikat, di Renon Denpasar.

Ratusan orang menjadi korban baik luka luka dan meninggal dunia waktu peristiwa tersebut.

Bom Bali ke dua terjadi pada 1 Oktober 2005. Terjadi tiga pengeboman, satu di Kuta dan dua di Jimbaran dengan sedikitnya 23 orang tewas dan 196 lainnya luka-luka.

Seperti diberitakan, pada hari ini Rabu 7 Desember 2022 telah terjadi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung Jawa Barat yang melukai belasan orang dan 1 orang korban jiwa.

Saat kejadian ledakan, menurutnya anggota Polsek Astanaanyar tengah melaksanakan apel pagi.

Saat itu, ada seorang laki-laki yang menerobos masuk sambil mengacungkan senjata tajam. Anggota polisi sempat menghindar saat terjadi ledakan dan pelaku membawa bom.

Editor


Komentar
Banner
Banner