Relax

Pasang Piring di Bibir sampai Telinga Panjang, Ini Standar Kecantikan Terunik di Dunia

apahabar.com, JAKARTA- Standar kecantikan selama ini kerap diukur dari tubuh yang langsing,rambut hitam berkilau, kulit yang…

Featured-Image

bakabar.com, JAKARTA- Standar kecantikan selama ini kerap diukur dari tubuh yang langsing,rambut hitam berkilau, kulit yang mulus, hidung yang mancung, hingga pipi yang tirus kerap menjadi pedoman kecantikan.

Padahal, definisi tentang standar kecantikan memiliki makna yang luas. Berbeda budaya, berbeda pula cara pandangnya. Ungkapan bahwa cantik itu relatif memang benar adanya.

Terlepas dari hal tersebut, menjadi versi terbaik dari diri sendiri dan bersyukur atas segala hal yang sudah Tuhan berikan akan membuat hidup kita lebih nyaman. Karena sejatinya manusia diciptakan dengan bentuk yang beragam.

Seperti berbagai suku dengan definisi cantiknya yang unik, berdasarkan pola dan standarnya masing-masing.

Telinga Panjang Suku Dayak di Kalimantan

img2

Di pulau Kalimantan, Indonesia, terdapat Suku Dayak yang punya tradisi unik dalam mengemas makna kecantikan bagi wanitanya, yakni akan terlihat cantik dengan telinga panjang yang menjuntai hingga leher.

Tradisi menindik telinga yang disebut Telingaan Aruuini dilakukan dengan menggunakan logam atau emas yang jumlahnya terus menerus ditambah hingga membuat telinga memanjang. Ritus ini dilakukan setiap satu tahun, sekaligus untuk mengetahui jumlah usianya.

Selain ingin terlihat cantik, tradisi memanjangkan telinga juga melambangkan bahwa mereka adalah keturunan bangsawan. Terlebih status inipun semakin terangkat dengan banyaknya emas dan panjangnya telinga mereka.

HALAMAN
123
Komentar
Banner
Banner